Berikan Penyuluhan Kesehatan pada Ibu-ibu PKK

FOTO BERSAMA. Tim Program Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) berfoto bersama ibu-ibu kader PKK Dusun Wates, Desa Maduretno, Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG-Program Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) memberi penyuluhan kepada ibu-ibu kader PKK di  Dusun Wates, Desa Maduretno, Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Penyuluhan ini bertujuan untuk pemaparan mengenai masalah kesehatan yang sering dijumpai pada lansia, pemaparan tentang tanaman obat keluarga yang dapat digunakan untuk mengobati keluhan yang biasanya terjadi pada lansia, pemaparan mengenai prilaku hidup sehat dan bersih (PHBS) dan gerakan masyarakat sehat (Germas)serta pemaparan tentang tanaman obat keluarga (Toga).

Tim PPMT beranggotakan Stephen Yustianto P (Fikes), Dias Putri Utami (Fikes), Dyah Anggit Imami  (Fikes), Ahmad Taufiq K (Fikes), dan dibimbing oleh Dwi Sulistyono, BN., M.Kep selain melakukan pemaparan juga melakukan pendampingan kepada ibu-ibu PKK selama bulan Oktober-November 2020.

Sebagaimana diketahui,  Wates merupakan salah satu dusun di Desa Maduretno berada di Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang dengan pekerjaan mayoritas warganya sebagai petani dan pelaku usaha mikro. Dusun Wates memiliki banyak potensi mulai dari sumber daya alam hingga sumber daya manusia, namun di masa pandemi saat ini kegiatan PKK tidak berjalan dengan maksimal oleh karena itu kami mahasiswa PPMT Universitas Muhammadiyah Magelang yang beranggotaan 4 orang mengabdi di Dusun Wates dengan tujuan dapat untuk meningkatkan kesehatan lansia dan kemampuan kader lansia dalam pengelolaan posyandu lansia sehingga kualitas hidup lansia akan meningkat meskipun dalam situasi pandemi Covid-19. Tim PPMT berkomitmen menyempurnakan layanan kesehatan masyarakat untuk mewujudkan keluarga sehat sejahtera. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here