Digencarkan, Total Swab di Purworejo Capai 10.419 Kali

SWAB. Personel Polres Purworejo yang bertugas dalam Operasi Mantap Praja 2020 menjalani Swab di di halaman belakang Polres Purworejo
SWAB. Personel Polres Purworejo yang bertugas dalam Operasi Mantap Praja 2020 menjalani Swab di di halaman belakang Polres Purworejo

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO– Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purworejo terus mewaspadai munculnya kasus baru dengan melakukan deteksi penularan melalui Rapid Diagnostic Test (RDT) maupun Swab Test.  Berdasarkan data rekap harian Satgas Penanganan Covid-19, hingga Rabu (25/11) Swab test telah dilakukan telah mencapai 10.419 kali. Dari jumlah itu, hasil swab negatif sebanyak 8.184 orang dan yang masih menunggu hasil swab sebanyak 1.103 orang.

Salah satu tindakan swab dilakukan terhadap para personel Polres Purworejo yang bertugas dalam Operasi Mantap Praja 2020, Selasa (24/11). Swab yang berlangsung di halaman belakang Polres Purworejo tersebut untuk memastikan anggota dalam kondisi selalu sehat dan siap menjalankan pengawalan Pilbup Purworejo 2020.

Kasubag Humas Polres Purworejo, Iptu Siti Komariyah mengatakan, Polri selalu siap mengamankan Pilbup Purworejo 2020 dan memastikan gelaran berjalan aman.

“Ini kali kekdua. Dalam menjalankan Operasi Mantap Praja 2020 semua petugas wajib mengikuti tes Swab. Ada sekitar 530 anggota Polres Purworejo dites Swab,” katanya.

Swab dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama Swab diikuti sekitar 258 personil, sisanya dilaksanakan di hari kedua. Petugas medis yang dilibatkan yakni tenaga kesehatan dari Pusdokkes, Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo, dan dari Puskesmas terdekat dari lokasi pelaksanaan tes Swab.

Baca juga
Guru Honorer Jadi Perhatian Mendikbud

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Purworejo, dr Tolkha Amaruddin SpTHT-KL, saat memimpin pelaksanaan swab tersebut menyebut bahwa selama pelaksanaan Pilbup Purworejo 2020, petugas perlu dipastikan terbebas dari paparan virus Korona saat menjalankan tugas di lapangan.

“Jadi bila dalam dan Swab ini ada anggota yang terindikasi positif, maka yang bersangkutan diharuskan menjalankan isolasi mandiri selama dua pekan, setelah dinyatakan sembuh baru bisa menjalankan tugas di lapangan,” sebutnya.

Menurutnya, deteksi penularan Covid-19 melalui Swab Test terus digencarkan. Sedikitnya Satgas melakukan swab minimal 103 orang per hari.

“Test Swab memang sudah menjadi agenda rutin kami untuk mata rantai penyebaran Covid-19. Aplikasinya setiap hari 103 orang,” jelasnya.

Terkait vaksinasi, dr Tolkha mengungkapkan bahwa tenaga medis hingga tingkat Puskesmas akan diikutkan pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan langsung oleh pusat. Kendati demikian, kapan pelaksanaan vaksinasi masih menunggu informasi lebih lanjut dari pusat.

“Kami masih menunggu untuk kaitannya dengan vaksinasi, selama belum terealisasi kami menghimbau kepada seluruh masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti, mengenakan masker, rajin cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir serta jaga jarak di tempat umum dan keramaian,” tegasnya. (top)

#satgascovid19 #ingatpesanibu#pakaimasker #jagajarak#jagajarakhindarikerumunan#cucitangan#cucitanganpakaisabun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here