HKN ke-56, HALKI Melakukan Pengabdian untuk Pengungsi Merapi

SEPAL. Anggota Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan ( HAKLI ) Kabupaten Magelang dalam pembuatan Sarana Pembuagan Air Limbah (Sepal) di Tempat Pengungsian Banyurojo Mertoyudan.
SEPAL. Anggota Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan ( HAKLI ) Kabupaten Magelang dalam pembuatan Sarana Pembuagan Air Limbah (Sepal) di Tempat Pengungsian Banyurojo Mertoyudan.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke – 56, Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI) Kabupaten Magelang menggelar pengabdian kepada masyarakat di Pos Pengungsian, Banyurojo, Mertoyudan, kemarin. Hal tersebut mencerminkan kepedulian anggota HAKLI kepada para pengungsi di tatanan kehidupan baru atau new normal.

“Bentuk nyata dalam kegiatan yang kami lakukan ini adalah rasa simpati dan peran semua anggota HAKLI Cabang Kabupaten Magelang kepada para pengungsi bertujuan agar dalam kehidupan di Pos Pengungsian tetap bisa berperilaku hidup bersih dan sehat, terhindar dari berbagai penyakit berbasis lingkungan dan upaya pencegahan penularan penyakit,” kata Ketua Pengurus HAKLI Kabupaten Magelang, Darkam, S.ST.

Dengan melihat kondisi yang ada dipengungsian, maka pihaknya merasa terpanggil untuk ikut berkontribusi guna meminimalisir kemungkinanan akan terjadi penularan penyakit akibat dari kebersihan lingkungan dan Pola hidup sehat para pengungsi yang masih perlu perhatian.

Adapun bentuk kontribusi dari HAKLI Cabang Kabupaten Magelang berupa, Pembuatan Sarana Pembuangan Air Limbah (SPAL) di Pos Pengungsian Banyurojo Mertoyudan. Distribusi Masker ke Semua Pos Pengungsian di wilayah Kabupaten Magelang.

Serta distribusi Sabun Cuci ke Semua Pos Pengungsian di wilayah Kabupaten Magelang. Distribusi Desinfektan ke Pos Pengungsian Banyurojo Mertoyudan. Edukasi/Penyuluhan terkait dengan adanya Pandemi Covid-19.Inspeksi Kesehatan Lingkungan ( IKL ) di semua Pos Pengungsian.

Untuk pengadaan keperluan hal tersebut diatas yang bersifat anggaran semua bersumber dari anggota HAKLI Cabang Kabupaten Magelang.

Guna mencegah penyebaran virus covid-19, maka harus disiplin dalam 3M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak aman dengan orang lain, serta rajin mencuci tangan. (cha)

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here