400 ASN Pemkab Magelang Jalani Tes Urine Narkoba

TES URINE. Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Magelang, Karya Humanita saat memantau petugas melakukan pengecekan urine.
TES URINE. Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Magelang, Karya Humanita saat memantau petugas melakukan pengecekan urine.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG– Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Magelang jalani tes urine narkoba di GOR Gemilang, komplek Setkab Magelang kemarin. Hal itu menjadi bagian program nasional untuk pencegahan peredaran narkoba, juga sebagai salah satu upaya pembinaan pegawai Negeri Sipil (PNS). Di wilayah pemerintahan tersebut sebagai penyelanggaranya Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

“Kami menyadari belum bisa merata dan sepenuhnya, tetapi kami memiliki komitmen bahwa ini akan kami laksanakan secara bertahap setiap tahunnya,” ucap Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Magelang, Karya Humanita.

Untuk tahun 2020 ini ditargetkan sebanyak 400 sasaran. Sedangkan untuk tahun 2021 juga sebanyak 400 sasaran ASN di lingkungan Pemda Kabupaten Magelang. Untuk teknis pelaksanaannya dilakukan selama empat hari. Hal ini untuk menjaga protokoler kesehatan Covid-19. Sehingga sehari akan dilakukan pengecekan urine sebanyak 50 ASN yang akan dibagi dua gelombang pagi 25 dan siang 25.

Adapun sebelumnya Kantor Badan Kesbangpol Kabupaten Magelang pada tahun 2017 lalu telah melakukan tes urin narkoba sebanyak 800 sasaran untuk para pejabat negeri sipil di lingkungan Pemda Kabupaten Magelang.

Karya mengatakan, pihaknya juga melakukan sidak sebanyak empat kali di dinas-dinas di luar lingkungan Setda Kabupaten Magelang.

“Jadi tes urine di GOR ini khusus untuk ASN atau staf yang bekerja di lingkungan Setda. Sedangkan yang diluar akan kami lakukan secara maraton untuk sidak tes urine narkobanya,” terang Karya.

Karya Humanita mengatakan bahwa, alat tester urine ini menggunakan alat yang terbaru dengan menggunakan tujuh parameter yang sesuai dengan rekomendasi dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Indonesia.

“Alat ini tingkat akurasinya tinggi. Yang jelas teman-teman ASN tidak usah khawatir apabila sedang sakit atau sedang mengkonsumsi obat tertentu dari dokter memang mudah muncul di alat tersebut, tetapi nanti bisa memberikan keterangan. Pada intinya tidak usah takut, sepanjang tidak mengkonsumsi narkoba,” tandas Karya.(cha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here