KPU Simulasikan Pencoblosan dengan Protokol Kesehatan, Diikuti PPS se Wonosobo

PROTOKOL. Simulasi menunjukkan penerapan protokol kesehatan di TPS, di sasana Adipura
PROTOKOL. Simulasi menunjukkan penerapan protokol kesehatan di TPS, di sasana Adipura

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonosobo menggelar simulasi pemungutan suara pemilihan tahun 2020 di TPS Dengan Protokol Kesehatan di Sasana Adipura Kencana, Jumat pagi (20/11). Agenda dibuka oleh Wakil Bupati Agus Subagiyo mewakili Bupati Wonosobo, diikuti perwakilan dari berbagai elemen masyarakat dan mengundang perwakilan komunitas. Wabup mengimbau kepada semua stakeholder harus menjalankan kegiatan pemilu dengan benar-benar menerapkan protokol secara disiplin agar tidak ada penyebaran covid 19.

“Yang perlu diperhatikan dalam penyelenggaraan pemilu mendatang adalah langkah pencegahan dan jangan sampai ada klaster dari pilbup. Terimakasih atas kegiatan ini dan untuk bisa disosialisasikan simulasikan sampai tingkat bawah di tps. Jaga netralitas bagi ASN dan jajaran pemdes dan semua perangkat dan semoga sukses sampai hari pencoblosan,” ungkap Wabup.

Agenda diikuti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan menjadi peserta simulasi perwakilan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Wonosobo digelar selama dua hari, hingga Sabtu (21/11) dibagi menjadi 8 kecamatan dan 7 kecamatan per hari. diungkapkan ketua KPU Wonosobo, Asma’ Khozin, bahwa simulasi menjadi bagian wajib dari  tata cara pemilihan yang harus dipahami seluruh petugas di lapangan.

“Kami dorong ke KPPS untuk secara teknis seperti ukuran sama yaitu 8 kali10 meter untuk di TPS. Atau jika di ruangan maka dua kelas, satu untuk antrean satu untuk pemilihan. Simulasi ini adalah wujud komitmen KPU dalam penyelenggaraan pemilu untuk tegakkan protokol kesehatan. Kami akan lakukan simulasi juga di tingkat PPK-PPS dengan bimtek. Semua punya kewajiban sama untuk pahami dan terapkan protokol ini,” terang Asma’.

Pada simulasi di tingkat desa, KPU akan libatkan tokoh masyarakat untuk menunjukkan bahwa protokol kesehatn menjadi prioritas dalam pelaksanaan pemilu. Dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah mencoblos,  disediakan sedikitnya 100 masker per TPS serta mengatur waktu undangan agar tidak ada kerumunan. Jika ada pemilih yang melebihi suhu 37,3derajat celcius juga harus disediakan bilik khusus.

Guna mencegah penyebaran virus covid-19, maka harus disiplin dalam 3M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak aman dengan orang lain, serta rajin mencuci tangan. (win)

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here