Jelang Pilkada, Puluhan Linmas Digembleng Kedisiplinan

PERSIAPAN. Pembinaan Linmas di Balai Desa Wonosobo Barat dalam rangka persiapan Pilkada Serentak 2020.
PERSIAPAN. Pembinaan Linmas di Balai Desa Wonosobo Barat dalam rangka persiapan Pilkada Serentak 2020.

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO- Puluhan anggota Linmas di Kabupaten Wonosobo digembleng anggota TNI. Hal tersebut menyusul bakal digelarnya pilkada pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Linmas memiliki penting dalam ikut menyukseskan pilkada. Maka semangat disiplin penuh keiklasan harus ditanamkan,” ungkap Danramil Wonosobo Kapten Inf Sugeng Hariyanto pada Pembinaan Linmas di Balai Desa Wonosobo Barat dalam rangka persiapan Pilkada Serentak 2020, kemarin (19/11).

Menurutnya, Linmas mempunyai peran sangat penting di desa. Banyak tugas yang diberikan oleh pemerintah kepada Linmas seperti yang terjantum dalam Permendagri No 84 Tahun 2014.

“Untuk itu harus menguasi bentul tiap aitemnya dan dilaksanakan penuh dengah rasa keihklasan dan penuh tanggung jawab. Dengan melaksanakan tugas penuh keihlasan maka akan teras ringan,” katanya.

Perlindungan Masyarakat (Linmas) adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan pengamanan Pilkada Serentak serta menjaga ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya di desa.

“Apalagi dalam situasi masa pendemi ini peran Linmas dimasyarakat begitu penting keberadaannya dimasyarakat. Yaitu mengajak masyarakat agar ikut serta memutus mata rantai penyebaran virus corona,” katanya.

Dalam pelaksanaan tugas, Linmas harus memberi contoh dalam melaksanakan protokol kesehatan, rajin memakai masker jika keluar rumah, rajin cuci tangan pakai sabun jika telah selesai melaksanakan aktivitas diluar.

Baca Juga
Golkar Pastikan Kader Tetap Solid Dukung Afif-Albar

“Menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga jarak di keramaian, jika tidak penting sekali lebih baik diam dirumah,” imbuhnya.

Selain itu, anggota linmas juga dibekali dengan latihan PBB oleh Pelda Lilik Gunarso Batuud Koramil. Latihan PBB dapat membentuk seseorang menjadi lebih disiplin, karena di sana orang diperintahkan untuk mematuhi perintah pimpinan.

“Dalam PBB juga diajarkan dalam melaksanakan perintah harus sesuai waktu yang telah ditentukan. Membantu sikap disiplin,” katanya.

Manfaat yang lain melatih untuk menanamkan rasa kebersamaan, rasa persaudaraan. Karena dalam PBB gerakan harus sama baik dalam waktu maupun yang lainnya.

Guna mencegah penyebaran virus covid-19, maka harus disiplin dalam 3M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak aman dengan orang lain, serta rajin mencuci tangan. (gus)

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here