Duta Keperawatan Ikut Kampanyekan Protokol Kesehatan

DUTA KEPERAWATAN. Devinca Yansabilla, siswa kelas X Keperawatan 2, SMK Citra Medika Kota Magelang memenangkan kompetisi sebagai Duta Keperawatan.
DUTA KEPERAWATAN. Devinca Yansabilla, siswa kelas X Keperawatan 2, SMK Citra Medika Kota Magelang memenangkan kompetisi sebagai Duta Keperawatan.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG SELATAN – Selama 8 bulan lebih, peserta didik menjalani kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Untuk mengurangi kejenuhan, SMK Citra Media Kota Magelang membuat kompetisi Duta Keperawatan di tengah suasana pandemi Covid-19.

Seluruh siswa diberikan kesempatan mengeksplorasi kemampuan diri, dan menunjukkan bakat yang dimiliki. Para peserta juga harus menjalani serangkaian tes dan tanya jawab.

Kepala SMK Citra Medika Kota Magelang Hendratno Widhiatmanto mengatakan, Duta Keperawatan yang terpilih akan banyak tampil dalam kegiatan-kegiatan di dalam sekolah, maupun di luar sekolah. Kompetisi itu menobatkan Devinca Yansabilla kelas X Keperawatan 2 menjadi Duta Keperawatan SMK Citra Medika.

“Sebelum sampai tahap ini, tiap kelas X Keperawatan menjagokan dua nama. Totalnya ada 22 siswa. Kemudian disaring 10 besar, dan kemudian terpilihlah Devinca,” katanya.

Ia menekankan bahwa Duta Keperawatan harus memahami lebih detail terkait Covid-19. Hal ini penting, karena generasi muda diharapkan turut berperan dalam memutus rantai penyebaran virus corona jenis baru itu.

“Kita harap, bisa menggerakkan pola hidup bersih dan sehat, serta seimbang. Duta Keperawatan ini bisa mengajak siswa lain untuk mematuhi protokol kesehatan. Ini akan sangat efektif, karena dia seorang siswa, istilahnya dia bisa jadi tutor sebaya,” ungkapnya.

Dalam salah satu sesi, para calon ditanya perihal dasar keperawatan, komunikasi keperawatan, anatomi fisiologi sistem muskuloskeletal, dan anatomi fisiologi sistem reproduksi. Sedangkan bakat siswa yang menambah poin, seperti kemampuan menari, menyanyi, dance, PBB, tilawah, geguritan, dan sebagainya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Hubungan Industri Sri Nuryanto menambahkan, penganugerahan Duta Keperawatan itu mengisi puncak acara seminar kunjungan instalasi kesehatan bersama narasumber Ns Siswanto MKep. Kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan.

Dia memberikan materi mengenai dunia rumah sakit, seperti tentang ruang instalasi gawat darurat (IGD), bangsal rawat inap, central seterile supply departement (CSSD), instalasi pengelolaan air limbah (IPAL), dan lainnya. (wid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here