Dubes India Terpukau dengan Peradaban Hindu, Kunjungi Wonosobo Pertama Kali

SAMBUT. Bupati Eko bersama jajaran Forkompimda sambut kedatangan Dubes India, Pradeep Kumar Rawat di Ruan Soeharto-Whitlam,
SAMBUT. Bupati Eko bersama jajaran Forkompimda sambut kedatangan Dubes India, Pradeep Kumar Rawat di Ruan Soeharto-Whitlam,

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO – Duta Besar India untuk Indonesia, Pradeep Kumar Rawat mengunjungi Wonosobo, Jumat (20/11). Dubes Pradeep didampingi istrinya, Shruti Rawat dan Sekretaris Politik Kedutaan Besar India, Juliyana. Mereka disambut Bupati Eko Purnomo dan Wabup Agus Subagiyo di ruang perlindungan Soeharto-Whitlam, komplek Pendopo Kabupaten.

Agenda Dubes Pradeep tersebut merupakan kunjungan pertama ke Wonosobo sekaligus merupakan silaturahmi persahabatan. Dalam kesempatan itu, Dubes dan Bupati berdiskusi perihal Penanganan Pandemi covid-19, pembangunan Desa, serta potensi Pariwisata.

Baca Juga
Jelang Pilkada, Puluhan Linmas Digembleng Kedisiplinan

“Wonosobo sangat terkenal dengan keindahan alamnya, dan juga kami ingin menindaklanjuti adanya program kerjasama antara Kementerian Desa dengan Pemerintah India dalam Bidang Pembangunan Desa. Kami mengagumi peninggalan kebudayaan hindu yang punya hubungan erat dengan India di masa lampau dan hari ini kami akan mengunjungi candi-candi di Dieng,” tutur Pradeep.

Sebelumnya, program kerjasama Kemendesa dengan Pemerintah India telah berjalan dan diikuti 20 Kepala Desa dari Indonesia dengan salah satu peserta asal desa Burat, Kepil Wonosobo. Kedatangannya ke Wonosobo juga untuk melihat implementasi hasil dari program kerjasama tersebut, sekaligus membuka kemungkinan kunjungan dari perwakilan desa-desa di India ke Indonesia.

“Dalam catatan kami, Kepala Desa yang turut dalam kunjungan ke India atas nama Ahmad. Kami berdiskusi (dengan Bupati) perihal penanganan pandemi covid-19, sehingga bisa menjadi referensi dan pembelajaran bersama kedua belah pihak. Saat ini, India tengah dalam masa peringatan 150 Tahun Bapak Kemanusiaan Mahatma Gandhi. Kami melihat ajaran-ajaran Gandhi juga diaplikasikan di Wonosobo,” ungkapnya usai menyerahkan hadiah berupa buku tentang Mahatma Gandhi.

Bupati Eko Purnomo mengaku sangat terkesan Dubes Pradeep memilih Wonosobo sebagai destinasi silaturahmi. Sejumlah poin penting yang menjadi catatan disebut bupati Eko adalah upaya kerjasama di sektor pembangunan Desa dan Pariwisata,  serta kemungkinan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asal India ke Wonosobo.

“Tentu dari kunjungan ini banyak yang bisa kita pelajari bersama, sehingga kedepan membawa manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat baik bagi Wonosobo maupun India. Semoga Dubes Pradeep bisa menikmati keindahan alam di Wonosobo dan menjadi kunjungan istimewa karena yang pertama kali,” tuturnya.

Selain berdiskusi dengan jajaran Pemkab Wonosobo, Wabup menyebut rombongan Dubes juga akan mengunjungi Kebun dan Pabrik Pengolahan Teh di PT Tambi Kejajar, serta menikmati keindahan Sunrise di Bukit Sikunir, desa Sembungan hingga ke Pasar Tradisional di Garung selain juga mengunjungi kompleks candi Arjuna di Dieng. (win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here