6 Pemenang Lomba Krenova 2020 Terima Penghargaan, Desa Krandegan Sabet Juara 1

PEMENANG: Enam pemenang Lomba Krenova 2020 foto bersama dengan Pjs Bupati Purworejo dan Kepala Bappeda saat penyerahan penghargaan di Showroom UMKM Purworejo, 
PEMENANG: Enam pemenang Lomba Krenova 2020 foto bersama dengan Pjs Bupati Purworejo dan Kepala Bappeda saat penyerahan penghargaan di Showroom UMKM Purworejo, 

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Enam peserta Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Purworejo menerima penghargaan berupa plakat dan uang pembinaan. Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Pjs Bupati Purworejo Ir Yuni Astuti MA bersama Kepala Bappeda Purworejo, Ir Bambang Jati Asmara MT MA, dalam acara Launching Logo dan Tagline Kopi Purworejo di Showroom UMKM Purworejo, Jumat (20/11).

Keenam pemenang tersebut yakni Dwinanto dan tim sebagai Juara 1 dengan inovasi bidang sosial berjudul “Penanganan Pandemi Covid-19 di Desa Krandengan”, Hilmy Pramono Adi dan tim dari SMA Negeri 1 Purworejo sebagai Juara 2 dengan inovasi bidang energi berjudul “TOPDAY (Lampu Darurat yang Memanfaatkan Recycling Energi Cahaya)”, dan Soeharti sebagai Juara 3 dengan inovasi bidan industry kreatif berjudul “Gaweo (Dawet Instan Khas Purworejo)”.

Berikutnya Juara Harapan 1 yakni Dyah Ayu Ratna Juwita dengan inovasi bidang ketanahanan pangan berjudul “Beras Instan Jaipong”. Juara Harapan 2 Diwa Lingga Auliadi dengan inovasi bidang teknologi informasi dan komunikasi berjudul  “ Elinet (E-learning Without Internet)”. Lalu Juara Harapan 3 Annisa Dwi Anggraeni bersama tim dari MAN Purworejo dengan inovasi bidang industri kreatif berjudul “Optimalisasi Penjualan Golden Berry Melalui Pembuatan Produk Krenis”.

Pemenang utama I mendapatkan uang pembinaaan Rp8.025.000, pemenang utama II Rp6.955.000, dan pemenang utama III Rp5.350.000. Pemenang terpilih juga akan mewakili Kabupaten Purworejo dalam lomba serupa di tingkat Provinsi Jawa Tengah pada awal tahun 2021. Namun, jumlah peserta, waktu, dan petunjuk pelaksanaannya secara spesifik masih menunggu dari provinsi.

Kepala Bappeda Purworejo mengatakan, Lomba Krenova tahun ini diikuti 29 peserta. Penilaian lomba melalui presentasi dan tanya jawab secara ketat melibatkan sejumlah juri profesional.

Baca Juga
Logo dan Tagline Kopi Purworejo Diluncurkan, Canda Lidia #Purworejo2025 Perluas Ruang Partisipasi

Menurutnya, dalam penyelenggaraan Lomba Krenova beberapa tahun terakhir, Purworejo selalu menghasilkan prestasi di tingkat provinsi dan nasional.

“Ini membanggakan, ternyata kualitas kreativitas dan inovasi di Kabupaten Purworejo sangat luar biasa,” kata  Bambang Jati Asmara.

Pjs Bupati Purworejo mengapresiasi Bappeda yang telah menyelenggarakan Lomba Krenova rutin  setiap tahun. Menurutnya, ajang ini sangat efektif untuk menggali dan meningkatkan kreativitas dan inovasi masyarakat Kabupaten Purworejo guna  peningkatan kesejahteraan dan daya saing daerah.

“Ini sebagai bentuk penghargaan Pemerintah Kabupaten Purworejo untuk memberikan peluang bagi para inventor dan inovator yang dapat menciptakan inovasi baru. Harapannya temuan-temuan inovasi baru, nantinya agar dapat diimplementasikan sesuai bidangnya masing-masing, sehingga bisa terus mengalami kemajuan,” ungkap Yuni Astuti. (top)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here