Terkait UNS di Kebumen, Ketua Kadin Ikut Bersuara

Let Me Hear/Fear, and Loathing in Las Vegas
Let Me Hear/Fear, and Loathing in Las Vegas

MAGELANGEKSPRES.COM,KEBUMEN – Pro kontra tentang rencana hibah Bekas Bangunan RSUD Lama untuk UNS belum terus berlanjut. Kali ini Ketua Kamar dagang dan Industri (Kadin) Kebumen H Dirgoyuswo ikut bersuara. Pihaknya yang juga Mantan Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Kebumen menyatakan mendukung penuh rencana Pemkab untuk menghibahkan Bekas Bangunan RSUD Lama Kebumen untuk kampus UNS. Ini dengan alasan adanya UNS menjadi salah satu langkah strategis untuk menuju Kebumen maju dan sejahtera.

Menurutnya, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di suatu kota atau daerah tentunya akan membawa dampak pada pengembangan potensi kota secara keseluruhan. Pemda ke depan akan lebih memiliki akses dalam mengembangkan berbagai potensi. “Ini meliputi di berbagai bidang, sebab dekat dengan PTN yang kaya akan sumberdaya manusia berkualitas,” tuturnya, Minggu (25/10). Selain itu, lanjutnya, juga akan berdampak pada pemberdayaan ekonomi. Suasana akademis di sekitar lokasi akan cepat terwujud dan ini akan berdampak pada peningkatan kualitas sumberdaya manusia. Pihaknya juga mencontohkan, keberadaan beberapa Fakultas UNY di Wates Kulonprogo. Dimana kehadiran UNY sangat signifikan dengan pengembangan kota dalam berbagai bidang. Keberadaan PTN, juga akan menjadi daya tarik bagi warga luar daerah. Ini baik dalam propinsi maupun luar propinsi. PTN menjadi magnet tersendiri yang berefek luas baik pertumbuhan ekonomi maupun pendidikan. Dengan adanya PTN akan meningkatkan investasi di Kebumen. Ini lantaran dinamika ekonomi semakin tinggi.

“Selain itu juga akan meningkatkan posisi tawar Kebumen dengan Kabupaten lain maupun Pemerintah Provinsi,” ungkapnya. Bukan hanya itu saja, adanya PTN, juga akan menguntungkan PTS. Sebab PTS akan menjadi alternatif pilihan terdekat ketika mereka tidak diterima di PTN dan akan bisa menjadi rujukan baru tempat PTS. “Pondok pesantren juga bisa menangkap peluang untuk bisa menambah pilihan baru seperti model Ponpes Krapyak dan ponpes Pandanaran Jogja. Di samping itu, H Dirgoyuswo menyampaikan, jika keberadaan PTN akan meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) bidang Pendidikan. Karena masyarakat yang selama ini tidak mampu kuliah di PTN karena berbiaya tinggi. “Dengan adanya kampus yang dekat, akan semakin banyak masyarakat yang kuliah. Dengan demikian kualitas SDM di Kebumen akan meningkat,” ucapnya. (mam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here