Akses Jalan Kalinegoro – Bondowoso Tertimbun Longsor

EVAKUASI. Petugas gabungan dalam penanganan evakuasi material longsor di jalan alternatif di Gedongan Kulon Rt 05 Rw 08 Desa Bondowoso Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang.
EVAKUASI. Petugas gabungan dalam penanganan evakuasi material longsor di jalan alternatif di Gedongan Kulon Rt 05 Rw 08 Desa Bondowoso Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Jalan alternatif Desa Kalinegoro – Desa Bondosowo, tepatnya di Dusun Gedongan Kulon RT 05 RW 08 Desa Bondowoso Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang, Senin (26/10/2020) dini hari, kembali mengalami longsor. Esok harinya petugas dan masyarakat mengevakuasi agar tak menghalangi pengguna jalan.

Material longsor sempat menutupi jalan kampung yang menghubungkan Desa Bondowoso dan Desa Kalinegoro, yang merupakan jalan alternatif menuju ke Mertoyudan.

“Longsoran tersebut diakibatkan hujan intensitas tinggi pada malam sebelumnya mengakibatkan tebing longsor dengan  tinggi 4 meter panjang 5 meter longsor ketebalan 2 meter menutup akses jalan,” kata Babinsa Desa Bondowoso, Serka Fahrur, kemarin.

Material lonsor berupa rumpun bambu dan tanah. Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Penanganan evakuasi tanah longsor dilakukan petugas gabungan, mulai dari unsur TNI, Polres, PLN, BPBD Kabupaten Magelang dan masyarakat setempat.

“Material longsoran berupa rumpun bambu mengenai jaringan listrik, dan petugas PLN langsung menanganinya.

Selain itu petugas gabungan menyingkirkan rumpun bambu yang longsor dari atas tebing, dengan menggunakan berbagai peralatan manual,” ucap Serka Fahrur.

Untuk warga agar meningkatkan kewaspadaan mengingat curah hujan tinggi dan terdapat beberapa area tebing yang rawan longsor,” papar Aipda Donny Sugiyarto, yang turun langsung dalam proses evakuasi tersebut.(cha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here