PJJ Pengaruhi Kesehatan Siswa

PJJ Pengaruhi Kesehatan Siswa
PJJ Pengaruhi Kesehatan Siswa

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOKERTO – Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau daring ternyata mempengaruhi kesehatan siswa.

Dosen Jurusan Keperawatan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKes) Unsoed Dr. Endang Triyanto, S.Kep.Ns.M.Kep memaparkan kondisi aktivitas pembelajaran yang biasa dilakukan di sekolah dan kini diharuskan belajar dari rumah, bagi siswa dan orangtua menjadi stressor utamanya pada masalah psikologis.

“Dalam beberapa riset sederhana dijelaskan siswa yang belajar dari rumah merasa stress dengan beban tugas yang diberikan,” katanya.

Dr. Endang menjelaskan stress menimbulkan persoalan kesehatan di antaranya pola makan dan tidur. Pola makan menjadi tidak teratur yang pada akhirnya dapat menimbulkan penyakit gastritis atau lambung. Gastritis ditandai dengan produksi asam lambung meningkat disebabkan telat makan dan stress.

“Pencegahan dapat dilakukan dengan disiplin jam makan dan pemilihan makanan yang sehat dengan nutrisi seimbang,” terang dia.

Di bagian lain, PJJ juga cenderung menimbulkan siswa malas berolah raga. Hal ini timbul berkenaan dengan terbatasnya aktivitas yang hanya boleh dilakukan di rumah. Kurangnya olah raga ditambah dikonsumsinya jenis makanan instan kurang serat dapat menyebabkan penyakit pencernaan berupa konstipasi atau susah buang air besar. Dirinya berharap meskipun pembelajaran masih dilakukan daring, tetaplah berolah raga yang dapat dilakukan dari rumah, misalnya badminton maupun senam aerobik.

“Kesimpulannya meskipun PJJ, menjaga kesehatan harus tetap dilakukan,” pungkas Dr. Endang. (yda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here