Media dan Komunitas Jadi Elemen Penting Penanggulangan Bencana

SAMBUTAN. Dandim 0708/Purworejo memberikan sambutan dalam acara Komsos dengan awak media dan komunitas offroad di Pantai Jatimalang,
SAMBUTAN. Dandim 0708/Purworejo memberikan sambutan dalam acara Komsos dengan awak media dan komunitas offroad di Pantai Jatimalang,

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO– Media massa dan komunitas masyarakat menjadi elemen penting dalam mitigasi dan penanggulangan bencana. Media massa memiliki jangkauan luas untuk mengedukasi serta menyampaikan informasi kebencanaan secara akurat. Sementara komunitas masyarakat dengan jejaring sumber daya manusianya yang kuat juga mampu menginformasikan serta bergerak cepat dalam setiap kondisi kebencanaan.

Hal itu mengemuka dalam acara Penyelenggaraan Komsos dengan Komponen Bangsa Lainnya  yang digelar oleh Kodim 0708/Purworejo di Pantai Jatimalang Purworejo, Sabtu (24/10). Kegiatan diikuti puluhan wartawan Purworejo dari berbagai media serta pengurus komunitas Indonesia Offroad Federation (IOF) Purworejo.

Dandim 0708/Purworejo, Letkol Inf Lukman Hakim SSos MSi, mengungkapkan bahwa Purworejo memiliki banyak potensi bencana. Antisipasi serta penganggulangannya menjadi tanggung jawab lintas sektoral, tidak terkecuali unsur media massa dan komunitas.

Menurutnya, peranan media massa semakin krusial dalam mewujudkan tatanan kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat, utamanya di tengah pandemi Covid-19 yang telah memberikan beragam tantangan dan dampak bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk dapat melakukan adaptasi kebiasaan baru. Peran media massa makin diperlukan untuk mengantisipasi miss information atau berita-berita keliru.

Baca Juga
Satpol PP Temanggung Bertekad Tegakkan Perda Minuman Beralkohol

“Dalam hal kebencanaan, media menjadi garda terdepan untuk menyampaikan edukasi serta informasi-informasi berimbang dan akurat kepada masyarakat,” ungkapnya.

Demikian pula dengan komunitas yang memiliki jejaring dan banyak anggota. Keberadaannya sangat diperlukan untuk membantu pemerintah serta stakeholder terkait dalam situasi-situasi kebencanaan.

“Seperti IOF ini, saya sangat salut dengan gerak cepatnya saat TMMD kemarin. Kami berharap sinergitas ini dapat terus terjalin, apalagi saat ini telah memasuki musim penghujan dan banyak potensi bencana,” terangnya.

Lebih lanjut ditegaskan bahwa Penyelenggaraan Komsos dengan Komponen Bangsa Lainnya menjadi salah satu upaya menguatkan soliditas TNi dengan masyarakat. Tidaknya awak media dan offroad, ke depan Kodim juga akan terus menjalin komunikasi dengan komunitas-komunitas lain yang ada di Purworejo.

“Jadi komunitas tidak hanya IOF dan wartawan, tapi ini yang pertama yang saya angap perlu. Ke depan masih ada dengan komunitas vespas dan sebagainya,” tegasnya.

Sementara itu, Penasihat IOF Purworejo yang dikenal sebagai Ki Lurah Offroad, Harjanto, menyatakan bahwa IOF bukan hanya menjadi organisasi hobi, melainkan juga organisasi sosial. Bahkan, persoalan-persoalan menyangkut kebencanaan selalu menjadi perhatian khusus.

“Prinsipnya kami siap berpartisipasi dalam segala kegiatan,” tandasnya. (top)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here