OPD-OPD di Purworejo Bersinergi Genjot Laju Pariwisata

TINJAU. Forum Sinergitas Pembangunan Pariwisata meninjau sejumlah lokasi wisata, 
TINJAU. Forum Sinergitas Pembangunan Pariwisata meninjau sejumlah lokasi wisata, 

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO– Sejumlah  di Kabupaten Purworejo mulai bersinergi untuk menggenjot laju pembangunan pariwisata. Hingga saat ini telah ada sedikitnya 12 OPD yang tergabung dalam Forum Sinergitas Pembangunan Pariwisata dan mulai intens memadukan program sesuai kewenangannya masing-masing.

Ke-12 OPD itu yakni Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud), Dinas Perhubungan (Dinhub), Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (KUKMP), Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker), Dinas Pekerjan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades), Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan), dan Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda). Berikutnya Bagian Ekonomi dan Pembangunan, Bagian Pemerintahan, dan Bagian Humas dan Protokol Setda.

Kepala Dinparbud Kabupaten Purworejo, Agung Wibowo AP, saat dikonfirmasi menyebut sinergitas OPD tersebut menjadi implementasi dari Perbup Tahun 2019 tentang Sinergitas OPD dalam Pengembangan Pariwisata Purworejo. Dalam pelaksanaannya, forum dikoordinatori oleh Asisten 2 Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan.

“Kita mulai intens rapat, memadukan program, dan menindaklanjuti hasil forum sejak sekitar bulan September 2020 kemarin,” sebutnya, Selasa (20/10).

Sementara ini memang baru ada 12 OPD, tetapi nantinya seluruh OPD diupayakan akan menyatu dalam forum. Bentuk sinergitas OPD untuk mendukung pariwisata antara lain, Dinas PUPR turut memproyeksikan akses jalan menuju lokasi wisata, Dinas KUKMP memberikan pelatihan kerajinan bagi para pelaku wisata, dan Dinkes melakukan upaya-upaya edukasi terkait standar kesehatan serta pencegahan Covid-19 di lokasi wisata. Kemudian untuk Dinhub memikirkan bagaimana kelancaran transportasinya.

“Nanti akan sinergi semua. Hasilnya akan lebih cepat kelihatan karena begitu rapat langsung kita tindak lanjuti. Misalnya seperti kemarin, forum ini meninjau lokasi-lokasi wisata yang menjadi prioritas,” jelasnya. (top)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here