Sigit Minta Pejabat Pemkot Magelang Selalu Kreatif dan Inovatif

PANGKAT. Walikota Magelang Sigit Widyonindito menyerahkan surat keputusan kenaikan pangkat golongan IV/a terhitung mulai tanggal 1 Oktober 2020 di Pendopo Pengabdian,
PANGKAT. Walikota Magelang Sigit Widyonindito menyerahkan surat keputusan kenaikan pangkat golongan IV/a terhitung mulai tanggal 1 Oktober 2020 di Pendopo Pengabdian,

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG TENGAH – Walikota Magelang, Sigit Widyonindito menilai pejabat eselon IV memiliki peran yang sangat strategis. Sebab, jabatan ini merupakan ujung tombak di pemerintahan.

”Saya berharap para pejabat eselon IV harus paham betul dengan indikator makro daerah dan capaian kinerja di pemerintahan,” kata Sigit, di hadapan sejumlah pejabat pengawas Pemkot Magelang saat memberikan pengarahan di Pendopo Pengabdian, Jumat (16/10).

Menurut Sigit, pejabat tersebut punya wewenang untuk mengendalikan pelaksanaan kegiatan. Selain itu juga mengatur pengeluaran anggaran hingga melaporkan kepada pejabat di atasnya.

”Tentu saja, tugas pejabat eselon IV memang tidak mudah. Oleh karena itu, saya membutuhkan pejabat-pejabat yang cerdas, sekaligus mampu menjabarkan visi dan misi Pemkot Magelang,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa perlu strategi dan langkah yang baik, untuk menata Kota Magelang yang sangat minim sumber daya alam (SDA)-nya. Seorang kepala daerah, katanya, mustahil mampu menyejahterakan warganya, jika tidak didukung peran pejabat yang kreatif dan inovatif.

Baca Juga
KPU Kota Magelang Tetapkan DPT Pilkada 93.609 Orang

”Meskipun tidak punya SDA yang melimpah, tapi saya komitmen menata kota ini dengan baik. Misalnya, di bidang infrastruktur, pelayanan, karena ini akan menunjang kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, Sigit menyerahkan secara simbolis surat keputusan kenaikan pangkat golongan IV/a terhitung mulai tanggal 1 Oktober 2020 kepada 36 pegawai yang memenuhi syarat kenaikan pangkat berdasarkan kualifikasi pendidikan strata 2.

”Saya ucapkan selamat, karena memang regulasinya seperti itu. Jabatan maupun kenaikan pangkat adalah reward, sekaligus amanah bagi saudara, karena telah melaksanakan tugas pengabdian dengan baik,” ujar Sigit.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Magelang Aris Wicaksono mengemukakan, berdasarkan bagan struktur jabatan perangkat daerah Pemkot Magelang, terdapat 397 jabatan pengawas. Mereka terdiri dari eselon IV/a sejumlah 297 jabatan, dan eselon IV/b sejumlah 100 jabatan.

Saat ini jumlah pejabat pengawas Pemkot Magelang yang telah mengisi jabatan tersebut sebanyak 357 jabatan, terdiri dari eselon IV/a sebanyak 277 jabatan, dan eselon IVb sebanyak 80 jabatan.

”Artinya terdapat kekosongan pejabat pengawas sebanyak 40 jabatan, yang terdiri 20 jabatan eselon IV/a dan 20 jabatan eselon IV/b,” jelas Aris. (wid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here