KPU Kota Magelang Tetapkan DPT Pilkada 93.609 Orang

KPU Kota Magelang Tetapkan DPT Pilkada 93.609 Orang
KPU Kota Magelang Tetapkan DPT Pilkada 93.609 Orang

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020 sebanyak 93.609 orang. Penetapan DPT itu dilakukan pada rapat pleno terbuka yang digelar di Puri Asri, Kamis (15/10). Perwakilan dari kedua pasangan calon pun juga turut hadir dalam acara tersebut.

“Alhamdulillah kami KPU Kota Magelang berserta jajaran telah melaksanakan rapat pleno rekapitulasi penetapan DPT di Pilkada Kota Magelang 2020,” kata Basmar Perianto Amron, Ketua KPU Kota Magelang, Kamis (15/10).

Penetapan DPT ini dikatakan Basmar berdasarkan hasil penetapan daftar pemilih sementara (DPS) beberapa bulan kebelakang. Setelah dilakukan tindak lanjut dan pemeriksaan kini dilakukan rapat pleno penetapan DPT.

Berdasarkan ketentuan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Perubahan Kedua Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/ atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak lanjutan dalam kondisi bencana nonalam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), KPU Kota Magelang telah melaksanakan tindaklanjut sinkronisasi pasca rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan tingkat kecamatan berupa pencoretan pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 20 pemilih, dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 9 pemilih dan pemilih perempuan berjumlah 11 pemilih, serta penambahan pemilih baru sebanyak 22 pemilih, dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 12 pemilih dan pemilih perempuan berjumlah 10 pemilih. Jumlah total TMS sebanyak 367, pemilih baru 328 dan ubah data 880.

Baca Juga
Unimma Beri Beasiswa Mahasiswa Influencer, Punya Banyak Pengikut Medsos

Rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tetap Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang Tahun 2020 jumlah 93.609 pemilih dari dari 3 Kecamatan 17 dan 233 TPS. “Jumlah pemilih laki-laki 44.886 dan pemilih perempuan 48.723 orang. Dari hasil penetapan DPT, terdapat pengurangan sebanyak 39 dari total DPS sebelumnya yaitu sebanyak 93. 648 dari total jumlah TPS di 3 Kecamatan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Magelang, Endang Sri Rahayu mengaku kesulitan memberikan masukan. “Baru kali ini kesulitan menyampaikan, karena ada kode enam bintang diatas, berbaikan kita juga terbatas. Untuk menyampaikan tanggapan data dari kami harus lengkap dan detail padahal kami terbatas untuk mendapatkan data yang detail. Meskipun saat ini KPU telah menetapkan DPT Pilkada Kota Magelang 2020, kami tetap akan melakukan pengawasan,” tandasnya. (hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here