Angka Kesembuhan Covid-19 di Purworejo Tertinggi di Jateng

Angka Kesembuhan Covid-19 di Purworejo Tertinggi di Jateng
Angka Kesembuhan Covid-19 di Purworejo Tertinggi di Jateng

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Kabupaten Purworejo berhasil menempati peringkat tertinggi dalam grafik rate recovery atau tingkat kesembuhan pasien positif Covid-19 se Jawa Tengah. Meski demikian, angka rate transmission (RT) atau penyebarannya juga termasuk tinggi di Jateng. Penambahan positif Covid-19 pun masih menunjukkan kenaikan. Bahkan di beberapa perkantoran ada yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kabag Humas Pemkab Purworejo, Rita Purnama, saat dimintai konfirmasi, Jumat (16/10) menungkapkan, merespon kondisi tersebut Pemkab Purworejo memperketat penerapan protokol kesehatan di lingkungan kantor.

“Setiap keluar atau masuk kantor dan beraktivitas di dalam kantor wajib menggunakan masker, cek suhu tubuh, dan tentunya wajib cuci tangan, baik menggunakan sabun ataupun hand sanitizer. Dalam beraktivitas di dalam ruangan pun diwajibkan untuk menjaga jarak aman antarindividu,” kata.

Sebenarnya, lanjutnya, sejak awal ada Covid-19 di Kabupaten Purworejo, Pemkab langsung menerapkan protokol kesehatan. Sejak adanya gelombang kedua Covid-19 yang kenaikannya cukup tajam, prokes di lingkungan Setda semakin diperketat.

“Alhamdulillah semua pegawai di Setda sudah sadar untuk memakai masker,” ujarnya.

Sementara itu, juru bicara Protokol Kesehatan Covid-19 Kabupaten Purworejo, dr Tolkha Amaruddin, menjelaskan bahwa kunci memerangi Covid-19 adalah semua patuh terhadap 3 M, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

“Jika kita semua patuh, akan mampu menekan penularan dalam waktu 3 minggu [pekan],” katanya.

Selain 3M, ada hal lain yang harus dilakukan saat ini, yaitu gerakkan IAI, yakni singkatan dari Iman, Aman, dan Imun. Iman artinya masyarakat didorong untuk beribadah, berdoa, dan berserah diri kepada Tuhan YME sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.

“Aman artinya kita wajib mematuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak,” ujar Tolkha yang juga Dirut RSUD RAA Tjokronegoro Purworejo ini.

Terakhir adalah Imun, masyarakat diminta untuk makan makanan bergizi, tidur yang cukup, berpikir positif, dan bahagia. Dengan demikian, imunitas tubuh kita akan tetap terjaga. (luk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here