Ajak Media Sehat Dalam Pemberitaan, Humas Polda Jateng Sambangi Wonosobo Ekspres

KUNJUNGAN. Kasubid Penerangan Masyarakat, AKBP R. Fidelis Purna Timoranto SIK MH MSi ketika mengunjungi Kantor Wonosobo EKspres di Sariagung, 

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO – Dengan adanya momentum pemilu kepala daerah Wonosobo yang sudah di depan mata pada Desember mendatang di masa pandemi, menjadikan berbagai wacana menyeruak ke permukaan secara bersamaan. Terlebih lagi dengan adanya gelombang penolakan pengesahan UU Cipta Kerja yang ditandai dengan aksi massa beberapa waktu di Wonosobo.

Maka berbagai hal yang berkaitan dengan komunikasi publik, termasuk peranan media patut menjadi sorotan. Terlebih media menjadi corong langsung yang menghubungkan masyarakat pada wacana tersebut.

Dalam kunjungannya ke kantor Wonosobo Ekspres, Kasubid Penerangan Masyarakat Humas Polda Jateng, AKBP R Fidelis Purna Timoranto SIK MH MSi berharap media bisa menyajikan berita yang berimbang dan terklarifikasi.

“Kami yakin bahwa teman-teman jurnalis dan yang telah tergabung di PWI maupun AJI bisa dengan baik menyikapi isu-isu tersebut sesuai dengan kode etik jurnalistik dan juga alur pemberitaan yang benar sehingga bisa menjaga kondusifitas,” tutur AKBP Fidelis di tengah kunjungannya ke kantor Wonosobo Ekspres di Sariagung, Kamis sore (16/10).

Lebih jauh diungkapkan Kabid Penmas, adanya momentum pilkada dengan calon tunggal juga menjadi sorotan di tingkat nasional, mengingat hal tersebut juga terjadi di banyak daerah di jawa tengah maupun nasional. Terkait dengan sistem kerja jurnalisme, pihaknya tidak meragukan kompetensi para jurnalis terlebih bagi mereka yang telah mengikuti uji kompetensi.

Baca juga
Kembangkan Potensi Perikanan untuk Cegah Stunting

“Kalau di tingkat Jateng kita memang terdampak covid-19 ketika untuk mengumpulkan jurnalis secara langsung, mengingat jumlahnya lebih dari 50, tapi di kabupaten atau kota biasanya tidak lebih dari 20 sehingga bisa ada komunikasi yang lebih lancar. Harapannya komunikasi bisa terjalin secara baik dengan humas Polres di tiap wilayah,” tutur pria yang sebelumnya menjabat Kapolres Demak itu.

Menyambut rombongan dari Humas Polda Jateng, Kepala Biro Wonosobo Ekspres, Agus Supriyadi menyebut jumlah wartawan di Wonosobo memang diibaratkan bisa dihitung dengan jari dan hanya belasan orang dari beberapa media. Wonosobo Ekspres yang menginduk pada Magelang Ekspres juga memiliki kanal online sehingga menjangkau di luar wilayahnya. Selama ini diungkapkan Agus, komunikasi dengan Humas Polres Wonosobo telah terjalin baik dan selalu ada komunikasi.

“Di Setiap kegiatan kami juga selalu klarifikasi terutama yang berkaitan dengan pemberitaan yang sifatnya berpengaruh luas pada masyarakat. Kami sesama jurnalis juga ada dalam satu organisasi bersama selain PWI juga ada Komunitas Jurnalis Wonosobo, yang juga menjadi ajang komunikasi terkait profesi maupun isu,” tuturnya. (win)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here