500 Santri Ponpes Darul Atsar Jalani Tes Swab

SWAB. Petugas Puskesmas Kedu sedang melakukan tes swab di Ponpes Darul Atsar Desa Salamsari Kedu, 
SWAB. Petugas Puskesmas Kedu sedang melakukan tes swab di Ponpes Darul Atsar Desa Salamsari Kedu, 

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – 500 an santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Atsar Desa Salamsari Kecamatan Kedu, menjalani tes swab (tes usap) sebelum melaksanakan pembelajaran tatap muka.

“Tes swab ini merupakan kegiatan awal, kurang lebih ada 500 santri, mereka semua wajib menjalani tes swab ini sebelum masuk dan mengikuti pembelajaran tatap muka,” kata Pimpinan Ponpes Darul Atsar Komar Zainudin Abdullah, Jumat (16/10).

Menurutnya, swab tes dilakukan secara bertahap mulai tanggal 30 September 2020 lalu, kemudian berlanjut pada tanggal 17- 16 Oktober 2020 ini.

“Alhamdulillah semua hasil swabnya negatif, semua santri bisa mengikuti pembelajaran tatap muka,” ujarnya.

Komar mengungkapkan, tes swab ini dilaksanakan setelah pihaknya berkoordinasi dengan Puskesmas Kecamatan Kedu. Dari hasil koordinasi tersebut kemudian Pemerintah Kabupaten Temanggung memfasilitasi untuk pelaksanaan tes ini.

“Sebelum pembelajaran tatap muka dimulai harus dilakukan screening terhadap santri,” katanya.

Dikatakan, swab tes yang dilaksanakan ini demi kesehatan dan keamanan para santri sebelum melaksanakan dan mengikuti pembelajaran tatap muka.

“Kami sebagai salah satu pondok bisa menjadi contoh bagi ponpes lainnya untuk menerima program ini demi kesehatan semua, demi santri, demi kiayi dan yang lainnya,” katanya.

Menurutnya, tes swab bukan merupakan hal yang menakutkan bagi masyarakat, tapi tes swab ini sebagai langkah yang wajar untuk mengetahui kondisi kesehatan.

“Jadi jangan berlebihan dan jangan takut untuk melaksanakan tes swap,” pesan Komar.

Selain itu lanjutnya, tes swab ini juga sebagai salah satu konsekwensi yang harus dijalani sebelum pembelajaran tatap muka dilaksanakan. Dengan tes ini maka kesehatan dari santri bisa diketahui.

“Jika akan melaksanakan pembelajaran tatap muka, memang wajib melaksanakan tes ini,” tandasnya.

Virus Covid-19 masih ada, untuk itu masyarakat diimbau untuk menjalankan protokol kesehatan dengan 3M, menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak. (set)

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here