Job Fair Tahun 2020 Ditunda, Penyelenggaran Secara Online Jadi Opsi

ANTRE. Ratusan pelajar antre memasuki area Job Fair 2019 di Gedung Serba Guna SMKN 1 Purworejo, Job Fair Tahun 2020 ditunda karena berpotensi menimbulkan kerumunan serupa.
ANTRE. Ratusan pelajar antre memasuki area Job Fair 2019 di Gedung Serba Guna SMKN 1 Purworejo, Job Fair Tahun 2020 ditunda karena berpotensi menimbulkan kerumunan serupa.

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO- Pameran Bursa Kerja atau Job Fair Tahun 2020 yang sedianya digelar pada pertengahan bulan Oktober ini ditunda karena berpotensi menimbulkan kerumunan orang. Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten memutuskan untuk menjadwal ulang event tahunan tersebut  atau mengalihkan penyelenggaraan secara online.

Kepala Dinperinaker Kabupaten Purworejo, Gathot Suprapto, saat dikonfirmasi menyebut sebenarnya Job Fair 2020 telah diagendakan digelar selama 2 hari, yakni 13-14 Oktober. Sejumlah perusahaan juga sudah menyatakan siap bergabung.

Namun, pada koordinasi akhir-akhir ini rencana penyelenggaraannya memang  mengalami maju-mundur mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir.

“Kita pustuskan untuk ditunda karena berpotensi menimbulkan kerumunan,” sebutnya, Kamis (15/10).

Menurutnya, penundaan Job Fair juga menjadi rekomendasi dari Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Purworejo. Menurutnya,  angka pencari kerja dimungkinkan sangat tinggi dan jika nekad diadakan akan berdampak langsung terhadap penularan Covid-19.

“Angka pencari kerja saat ini masih sangat tinggi, kalau job fair digelar pasti akan langsung diserbu. Nah di situlah yang tidak kita inginkan adanya kerumunan itu,” jelasnya.

Terkait waktu pengganti yang akan dipilih untuk menggelar kegiatan itu, Gathot menyatakan belum dapat memberikan kepastian tanggal. Pihaknya mengaku sudah menerbutkan surat edaran kepada pihak-pihak terkait, tetapi batas waktunya tidak ditentukan.

Penyelenggaraan secara online menjadi opsi terdekat karena setidaknya tetap dapat memberikan peluang kerja bagi masyarakat.

“Masih mungkin job fair ini digelar secara online. Tapi untuk melakukannya, kami masih membutuhkan persiapan,” ungkapnya. (top)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here