Debut Elkan Baggot di Timnas U-19

Debut Elkan Baggot di Timnas U-19
Debut Elkan Baggot di Timnas U-19

MAGELANGEKSPRES.COM,SPLIT – Elkan Baggot mendapat sorotan saat menjalani debut bersama Timnas Indonesia U-19. Aksi bek tengah klub Inggris Ipswich Town itu mendapat penilaian positif dari Pelatih Shin Tae-yong.

Pemain kelahiran Bangkok, Thailand, 23 Oktober 2002 itu tampil penuh 90 menit saat Garuda Muda menang 4-1 atas Makedonia Utara pada laga uji coba di Stadion NK Junak Sinj, Split, Kroasia, Minggu (11/10/2020). (Baca juga: Debut Elkan Baggott Warnai Kemenangan Timnas U-19 atas Makedonia Utara).

Pemain berdarah Inggris itu tak canggung menjalani debutnya di timnas Garuda Muda. Bermain penuh determinasi dan tidak ada kendala mengawal pertahanan Merah Putih. Kolaborasi Elkan Baggot dengan Bagas Kaffa, Rizky Ridho, dan Pratama Arhan juga terlihat cukup padu.

Shin Tae-yong menilai Elkan Baggott bermain apik melawan Makedonia Utara dan cukup kompak menjaga pertahanan Gauda Muda. “Elkan bermain bagus dan sudah nyetel dalam bekerja sama dengan pemain lainnya,” kata Tae-yong dalam laman resmi PSSI. (Baca juga: Pelatih Portugal Kecewa Berat Ronaldo Cs Gagal Taklukkan Prancis).

Postur yang menjulang hingga 194 cm menjadi keunggulan Elkan Baggot. Shin Tae-yong memang berungkali menyebut timnas memiliki kekurangan di postur, dan masuknya Elkan akan membantu. “Dia punya postur tinggi, kuat, dan kemampuan membaca permainan yang baik,” imbuh Tae-yong.

Sementara Elkan Baggot senang dengan penampilan pertamanya di timnas Indonesia U-19. Blasteran Inggris-Indonesia itu pernah tinggal di Jakarta selama tiga tahun, dan sempat mencicipi Arsenal Training Center dan sekolah di British School Jakarta.

“Tentu sangat senang dan bangga menjalani debut di timnas U-19. Terima kasih kepada PSSI dan semua pihak yang membuat saya bisa berlaga dengan jersey timnas Indonesia untuk pertama kalinya,” kata Elkan Baggott.

“Secara keseluruhan tim bermain bagus, saat unggul 2-1 kami terus mendominasi permainan hingga akhir pertandingan. Kami harus selalu fokus dan kerja keras membenahi kekurangan selama pemusatan lathan.”

Timnas Indoneida U-19 masih akan melakukan uji coba selama pemusatan latihan latihan di Kroasia hingga akhir Oktober mendatang. Selanjutnya Garuda Muda kembali melawan Makedonia Utara pada Kamis (14/10/2020).

Sejauh ini, David Maulana dkk sudah melakoni sembilan uji coba di Kroasia. Sembilan laga uji coba yakni melawan Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), Arab Saudi (3-3), serta dua kali melawan Qatar (2-1 dan 1-1), Bosnia Herzegovina (0-1), Dinamo Zagreb (1-0), NK Dugopolje (3-0), dan Makedonia Utara (4-1).

Timnas U-19 melanjutkan pemusatan latihan di Eropa untuk memantapkan persiapan jelang Piala AFC U-19 2020 di Uzbekistan pada awal 2021. Selain itu, Garuda Muda akan tampil di Piala Dunia U-20 dimana Indonesia menjadi tuan rumah. (net)