Upaya Temanggung Bebas Sampah Terus Digelorakan

SAMPAH. Sejumlah anggota organisasi kemasyarakatan memungut dan membersihkan sampah.
SAMPAH. Sejumlah anggota organisasi kemasyarakatan memungut dan membersihkan sampah.

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Upaya untuk mewujudkan Temanggung bebas dari sampah terus digelorakan, tidak hanya saat memperingati Word Cleanup Day (WCD) saja. Gerakan bersih-bersih sampah terus dilakukan oleh sejumlah kelompok organisasi kemasyarakatan.

“Selama dua hari kemarin semua lapisan elemen masyarakat bergerak memungut dan memilah sampah di lingkungan masing-masing,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Temanggung Entargo Yutri Wardono, kemarin.

Ia mengatakan, kepedulian masyarakat terhadap sampah memang harus terus diberikan, sehingga tujuan menjaga lingkungan dan menjadikan sampah sebagai salah satu barang yang bermanfaat dan bernilai ekonomis bisa dilaksanakan.

“Kegiatan ini diawali susur sungai di 20 kecamatan secara bersamaan dengan total yang terlibat kegiatan ini kurang lebih 600 pesonil,” ujarnya.

Baca Juga
Dampak Kabupaten Agraris Belum Dirasakan

Menurutnya, membersihkan sampah secara bersama-sama dapat meningkatkan dan menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu juga menumbuhkan kepedulian bergotong royong. Tentunya dalam hal ini harus dilakukan secara bersama-sama demi menciptakan lingkungan bersih dan sehat terutama di wilayah Kabupaten Temanggung.

Dan nantinya kegiatan ini tidak hanya dilakukan saat WCD saja, akan tetapi harus rutin dilakukan oleh masyarakat di setiap lingkungan mulai kecamatan, desa/kelurahan hingga RT/RW.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran, kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya,” katanya.

Setelah sungai bersih juga akan dilakukan penebaran benih ikan sebanyak 4.000 di sungai-sungai wilayah Kab Temanggung oleh Dinas Peternakan Perikanan dan Komunitas mancing mania temanggung. (set)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here