Puluhan Warga Terjaring Operasi Yustisi, Hanya Dihukum Menyanyikan Lagu Wajib

PENERTIBAN. Forkompincam Mungkid turun langsung ke jalan dalam Operasi Yustisi penertiban masker di Lapangan Soepardi Sawitan Mungkid.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Puluhan warga terjaring Operasi Yustisi penertiban masker di Lapangan Soepardi Sawitan, Mungkid, Senin (21/9/2020). Kegiatan yang digelar Forkompincam Mungkid tersebut menyasar warga yang tidak memakai masker di ruang publik.

Operasi tersebut merupakan upaya pemerintah untuk menekan penyebaran covid 19, dengan mewajibkan masyarakat menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya memakai masker.

Memimpin kegiatan tersebut, Komandan Koramil Mungkid, Kapten Arm Mashudi Pitoyo mengatakan, hal itu dilaksanakan secara rutin dengan berpindah-pindah lokasi di wilayah Kecamatan Mungkid.

Kegiatan tersebut digelar menurunkan 15 personel gabungan Polsek Mungkid, Koramil Mungkid dan Kecamatan Mungkid.

“Lokasinya berpindah-pindah, seperti di pasar, jalan raya dan ruang publik. Warga yang kedapatan tidak memakai masker terkena sanksi sosial menyanyikan lagu wajib nasional. Kemudian disuruh untuk membeli masker di sekitar Lapangan Soepardi. Untuk warga yang membawa masker tetapi lupa tidak dipakai, disuruh memakai,” ucap Pitoyo.

Camat Mungkid, Raden Anta Murpuji Antaka S.Sos, yang turut dalam kegiatan tersebut menyampaikan, pihaknya terus mensosialisasikan Perbub No 38 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

“Selain turun langsung ke masyarakat, kami juga mensosialisasikan peraturan tersebut kepada seluruh kepala desa di Kecamatan Mungkid,” ungkap Anta.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolsek Mungkid AKP, M Ahdi. SH. MH, menyampaikan pesan agar masyarakat lebih disiplin gunakan masker, serta patuhi protokol kesehatan.

Salah satu warga yang terjaring operasi tersebut, Ilmawan, warga Kalinegoro Mertoyudan. Ia kebetulan melintas di Lapangan Soepardi. Dirinya lupa memakai masker, sehingga ditegur petugas.

“Saya membawa masker tetapi lupa dipakai, dan langsung saya pakai setelah mendapat teguran petugas. Karena memakai masker merupakan bagian dari penerapan protokol kesehatan,” tuturnya.(cha)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here