Tingkatkan Produksi Perikanan, Dosen dan Mahasiswa Untidar Gelar Pelatihan Budidaya Lele

PELATIHAN. Dosen dan mahasiswa Untidar melaksanakan pendampingan budidaya lele di Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang.
PELATIHAN. Dosen dan mahasiswa Untidar melaksanakan pendampingan budidaya lele di Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG -Universitas Tidar mengadakan Program Pengabdian Unggulan Universitas dengan melaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan budidaya ikan lele. Kegiatan yang dilaksanakan di Kelompok B3B Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang ini diikuti dosen dan mahasiswa dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian serta Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.
.Menurut Ketua pelaksana pengabdian Eny Orbawati, pengabdian masyarakat ini dilaksanakan untuk meningkatan pemahaman dan ketrampilan budidaya ikan lele. “Tahapan kegiatan ini meliputi pelatihan, pendampingan serta pemberdayaan. program pelatihan berupa materi tahapan budidaya yang baik, dari persiapan wadah budidaya, penebaran benih, pemeliharaan (pemberian pakan dan penanganan hama dan penyakit) hingga pemanenan,” terangnya.
Untuk dapat tercapainya peningkatan pertumbuhan ekonomi, lanjutnya, daerah harus mampu mengidentifikasi potensi-potensi sumber daya ekonomi yang dimiliki. Dengan arah pengembangan ekonomi desa terkait dengan pembangunan ekonomi daerah yang berbasis potensi lokal agar bisa mencapai target RPJMD Kabupaten Magelang, antara lain dari sektor perikanan, pendekatan One Village One Product, dan Pengembangan Gabungan Kelompok Pembudidaya Ikan serta Usaha Ekonomi Desa
Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan bisa menambah pengetahuan dan ketrampilan tentang budidaya ikan lele. (hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here