Bahaya, Bakar Sampah Ditinggal Pergi

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Masyarakat di Kabupaten Purworejo perlu berhati-hati saat membakar sampah, khususnya di lahan terbuka, karena dapat mengancam keselamatan masyarakat dan lingkungan. Hal itu menyusul adanya kejadian kebakaran lahan di Desa/Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo, belum lama ini.

Saat itu, warga digegerkan dengan api yang membesar dan membakar lahan milik warga gara-gara membakar sampah, Rabu (16/9). Beruntung kebakaran itu tidak merembet ke permukiman rumah warga dan tidak ada korban jiwa.

“Penyebabnya karena ada warga yang membakar sampah di lahan itu, lalu lupa ditinggal pergi,” kata Kasi Damkar pada Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo, Rubino, Jumat (18/9).

Kedatangan mereka setelah mendapat laporan dari warga sekitar yang khawatir api yang membesar dan berpotensi merembet ke permukiman warga.

Diungkapkan, kejadian itu bermula pada Rabu (16/9) siang sekitar pukul 11.00 WIB, warga Desa Purwodadi bernama Bagiono membakar sampah di lokasi tersebut. Setelah membakar sampah Bagiono pergi karena ada keperluan lain.

“Karena ditinggal pergi, api menjadi membesar, dan membakar lahan, warga yang mengetahui hal itu merasa khawatir dan melapor ke unit Damkar Purworejo,” ungkapnya.

Mendapati laporan itu, dua unit mobil pemadam kebakaran milik Satpol PP dan Damkar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo mendatangi lokasi kebakaran lahan di Dusun Kendal RT 2 RW 3 Desa Purwodadi. Api pun akhirnya berhasil dipadamkan.

“Setelah api padam, petugas pemadam melakukan pendinginan dan dilanjutkan dengan penyisir lokasi, dan setelah dinyatakan aman maka petugas kembali ke Mako Damkar,” jelasnya.

Tak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian itu. Namun, api membakar semak dan pepohonan yang ada di lokasi lahan tempat sampah dibakar.

Atas kejadian tersebut, warga dihimbau agar lebih berhati-hati. Jangan membakar sampah, khususnya di lahan terbuka tanpa pengawasan, karena dapat membahayakan keselamatan masyarakat dan lingkungan. (top)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here