Tingkatkan Skill lewat BLK Komunitas

Tingkatkan Skill lewat BLK Komunitas

MAGELANGEKSPRES.COM,JAKARTA-Meningkatkan skill tenaga kerja menjadi misi penting pemerintah. Bahkan, pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang pun, program itu tidak berhenti. Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo alias Jokowi, pemerintah membentuk balai latihan kerja (BLK) komunitas demi mewujudkan slogan Kesehatan Pulih dan Ekonomi Bangkit.

“Pemerintah juga telah menjalankan berbagai kebijakan dan program terkait ketenagakerjaan pada masa pandemi Covid-19 ini,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Naker Tanggap Covid 2020 akhir pekan lalu.

Dia menjelaskan, kebijakan tersebut dituangkan salah satunya lewat program kartu prakerja yang statusnya adalah semi-bantuan sosial (bansos). Bantuan itu menarget para pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan. Juga para pekerja informal yang terdampak pandemi.

“Program ini akan terus ditingkatkan dengan membuka pendaftaran dan pelatihan offline (luring) dengan mempertimbangkan wilayah,” tutur Airlangga.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, sejak rilis pada 2017, ada 1.113 BLK komunitas di seluruh Indonesia sampai tahun lalu. Sementara itu, tahun ini pemerintah berencana menciptakan lagi 1.000 BLK komunitas.

“Saat ini kami perluas penyebarannya dengan melibatkan peran serikat pekerja,” imbuh Ida. (jpnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here