Ratusan Bendera di Jalan Bragolan Jadi Spot Selfie

    KAKIAN. Ratusan Bendera di Jalan Bragolan Jadi Spot Selfie
    KAKIAN. Ratusan Bendera di Jalan Bragolan Jadi Spot Selfie

    MAGELANGEKSPRES.COM,Kemerdekaan di tengah pandemi Covid-19 membuat suasana peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 terasa ada yang bekurang. Lomba-lomba di kampung-kampung, karnaval bahkan upacara bendera pun digelar dengan sangat terbatas. Meski demikian, warga Desa Bragolan tak kehilangan akal bagaimana memeriahkan HUT RI tahun ini. Seperti apa?

    Ratusan bendera merah putih tampak gagah berdiri, berjejar di kanan kiri jalan utama masuk ke Desa Bragolan Purwodadi Purworejo. Tiang bendera itu berdiri dan tertata rapi membuat siapapun yang melihatnya akan tertarik untuk berhenti sejenak dan berswa foto. Background area pesawahan yang berwarna hijau serta kondisi jalan yang bersih dan lempang membuat spot tersebut semakin menarik.

    Bendera terpasang sejak awal Agustus 2020. Ide itu muncul dari warga dan disampaikan kepada kami, ini menarik sehingga kita wujudkan bersama,” kata Kepala Desa (Kades) Bragolan Widiyanto, kemarin.

    Pemerintah desa membeli sedikitnya 200 bendera merah putih. Bendera di pasang di tiga titik jalan, yakni di kompleks balai desa, Jalan Bragolan – Ketangi, dan jalan antardusun. Bendera dipasang pada bambu setinggi tiga meter, dengan jarak antartiang juga tiga meter. “Dipasang dengan jarak berdekatan, sehingga ruas jalan sepanjang 500 meter itu penuh dengan bendera,” tuturnya.

    Menurutnya, adanya bendera menyebabkan suasana perayaan kemerdekaan di Bragolan tetap semarak. Padahal, selama peringatan kemerdekaan ke-75 itu, tidak ada kegiatan yang menjurus pada pengumpulan massa seperti lomba atau upacara bendera. “Tetap semarak, tetap membekas di hati warga. Bahwa dalam suasana pandemi seperti sekarang, kita tetap bisa memeriahkan kemerdekaan, menggalang nasionalisme, lewat pemasangan bendera dalam jumlah banyak,” ungkapnya.

    Adanya bendera itu menarik minat warga luar untuk berhenti dan mengabadikan foto. Mereka penasaran ingin berhenti ketika melintasi Perempatan Pendowo, Jalan Raya Purworejo – Yogyakarta.

    Warga Kaligesing, Wahyu Nugroho mengatakan, apa yang dilihatnya di Bragolan sangat luar biasa. Ia yang sedang perjalanan pulang ke Yogyakarta, menghentikan kendaraan dan memilih berbelok ke jalan Desa Bragolan.

    Perayaan kemerdekaan dengan memasang ratusan bendera itu, katanya, baru pertama kali dilihatnya di Purworejo. “Ini pertama kali melihat, ada banyak bendera terpasang. Saya ingin foto karena selain bendera, ada latar belakang sawah yang asri, deretan pohon kelapa, dan perbukitan di timur desa,” paparnya. (*)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here