Atlet Taekwondo Purworejo Mulai Tata Jadwal Latihan

LATIHAN. Sejumlah atlet Taekwondo OTC Dojang Kemanukan mulai menggiatkan latihan, 
LATIHAN. Sejumlah atlet Taekwondo OTC Dojang Kemanukan mulai menggiatkan latihan, 

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO- Para atlet Taekwondo yang sempat berhenti berlatih akibat pandemi Covid-19 beberapa bulan, kini mulai aktif kembali.  Mereka mulai menata jadwal latihan meskipun dengan intensitas yang masih terbatas.

Bergeliatnya cabang olahraga Taekwondo antara lain terlihat di Ocean Taekwondo Club (OTC) Dojang (tempat latihan, red) Kemanukan Kecamatan Bagelen. Di bawah bimbingan sabeumnim (pelatih) Cahyono, OTC Dojang Kemanukan kini kembali melakukan latihan, khususnya bagi kelas atlet prestasi.

“Kita sudah mulai aktif berlatif, khususnya bagi kelas atlet prestasi,” kata Sabeumnim Cahyo, Minggu (28/6).

Diketahui, di Kabupaten Purworejo OTC merupakan klub yang menonjol, baik dari segi prestasi maupun sarana latihan. Hal itu terbukti, dalam setiap kegiatan rutin Popda yang dihelat Dindikpora, OTC selalu merajai pengiriman atlet, baik di tingkat, kabupaten, Kedu, maupun provinsi. Dalam momen Kejurkab, OTC selalu tampil menjadi juara umum.

Menurut Cahyo, untuk mengasah mental dan teknik bertanding atletnya, OTC selalu mengikuti berbagai even kejuaraan, mulai dari tingkat regional, nasional, hingga internasional.

“Saya punya target setahun paling tidak mengikuti tiga event kejuaraan nasional maupun internasional, di luar even Popda dan Kejurkab,” jelasnya.

Cahyo menyebut, pada awal berdiri akhir tahun 2015, OTC baru membuka dojang di Mutiara Ibu (MI). Tiga tahun berselang, OTC membuka dojang Kemanukan. Dojang MI digunakan untuk atlet kelas reguler, sedangkan dojang Kemanukan untuk kelas prestasi. Hal itu dilakukan untuk membuat atlet lebih fokus.

Di dojang Kemanukan berbagai fasilitas latihan tersedia lengkap. Tidak hanya matras yang juga ada di MI, di Dojang Kemanukan para atlet dilengkapi dengan sarana penunjang lain seperti sandsack, puluhan hand target, serta target box. Ada juga puluhan perlengkapan saat tanding, yakni hugo dan helm yang ditata rapi pada rak tersendiri, bersama dengan puluhan piala yang telah berhasil diraih OTC .

Para atlet di dojang Kemanukan berlatih seminggu empat kali yakni hari Selasa, Kamis, Sabtu, dan Minggu. Materi latihan selain teknik juga fisik baik umum maupun khusus, taktik, dan strategi. Selain kyorugi atau teknik bertarung, OTC juga memberikan materi pomsae atau jurus.

“Seminggu sekali para atlet melakukan sparing dengan atlet lainnya dengan teknik seperti saat bertanding yang sesungguhnya,” sebutnya.

Diungkapkan, saat ini OTC memiliki 16 atlet di kelas prestasi dan 34 atlet di kelas reguler. Sabeumnim Cahyo berharap, para atlet OTC memiliki mental disiplin diri, kerja keras dalam berlatih sehingga akan menjadi juara yang mumpuni.

Pengkab TI, sabeum Eko Haryadi mengakui, OTC adalah dojang yang paling aktif dan didukung dengan pelatih yang mumpuni dan fasilitas latihan standar bagi sebuah dojang.

“Para atlet teruslah berlatih agar dapat membawa nama harum Purworejo di cabor taekwondo,” kata Eko. (top)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here