Pasien Positif Corona di Kota Magelang Bertambah 2 Orang,  Jadi 24 Kasus

JEMPUT. Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Magelang menjemput warga yang kontak erat dengan pasien positif corona,
JEMPUT. Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Magelang menjemput warga yang kontak erat dengan pasien positif corona,

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG  – Setelah dua pekan tanpa penambahan pasien positif Covid-19, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Magelang mengonfirmasi dua pasien baru yang positif. Dua pasien positif itu yakni bayi berusia 9 bulan dan seorang pria berusia 64 tahun. Hingga saat ini, pasien positif corona dikonfirmasi sebanyak 24 kasus, dengan rincian 12 orang sembuh, 8 masih dirawat, dan 4 orang meninggal dunia.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang, dr Majid Rohmawanto mengatakan, kedua pasien dinyatakan positif pada Rabu (27/5) sore. Hal ini diketahui setelah kedua pasien menjalani tes swab pada Senin (25/5) saat pertama masuk ke RSUD Tidar.

”Kedua pasien menjalani tes swab dua kali dan hasil baru keluar pada Rabu (27/5). Hasilnya positif Covid-19. Disayangkan memang, karena baru saja kita informasikan dua pekan tanpa ada penambahan pasien yang positif,” katanya, melalui pesan Whatsapp, Kamis (28/5).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Magelang itu menjelaskan, bayi berusia 9 bulan tersebut berasal dari Kelurahan Cacaban, Kecamatan Magelang Tengah. Sedangkan laki-laki berusia 64 tahun berasal dari Kelurahan Kramat Utara. Bayi ini diduga tertular oleh bapaknya yang diketahui baru pulang dari Riau.

”Si bayi masuk rumah sakit karena kelurahan gejala flu, muntah, dan beraknya cair. Kalau yang lansia itu, karena memiliki riwayat pergi ke Temanggung pada 15 Mei. Keduanya kini masih di ruang isolasi. Si bayi diisolasi bersama dengan ibunya, sedangkan yang lansia ditunggui istrinya,” katanya.

Tim Gugus Tugas pun langsung memeriksa sejumlah orang yang kontak erat dengan bayi. Mereka bahkan langsung menjalani tes swab pada Kamis (28/5). Termasuk yang kontak erat dengan lansia tersebut. Petugas medis pada Rabu (27/5) dan Kamis (28/5) menjemput pihak keluarga dan yang kontak erat dengan lansia tersebut untuk diperiksa.

Baca Juga
Status Zero Jebol, Pasien Positif Corona di Kabupaten Magelang Bertambah 4 Orang

”Yang kontak erat dengan dua pasien itu kita periksa kesehatannya di RS Budi Rahayu. Untuk jumlahnya berubah-ubah, tapi tadi pagi saya lihat ada sekitar 18 orang yang diperiksa. Kita juga masih membujuk warga lain yang kontak erat untuk mau diperiksa,” jelasnya.

Berdasarkan pantuan laman info Covid-19 Kota Magelang, Kamis (28/5) 18.00 WIB, jumlah orang meninggal dunia akibat kasus Covid sebanyak 9 orang. Empat di antaranya adalah pasien positif corona, empat lainnya merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak satu orang. Sedangkan pasien positif corona tercatat 24 kasus.

Selain itu, jumlah ODP sebanyak 260 orang, terdiri dari dipantau 27 orang, meninggal satu orang, dan sehat sebanyak 232 orang. Kemudian, jumlah PDP 37 orang terdiri dari kasus baru 2 orang, dirujuk satu orang, dirawat 4 orang, dan sembuh 28 orang. Lalu, untuk kasus PDP meninggal yaitu 4 orang. (wid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here