Kartu Sembako Rp200 Ribu per Bulan, Sampai Desember untuk 20 Juta KPM

Kartu Sembako Rp200 Ribu per Bulan, Sampai Desember untuk 20 Juta KPM
Kartu Sembako Rp200 Ribu per Bulan, Sampai Desember untuk 20 Juta KPM

MAGELANGEKSPRES.COM,JAKARTA-Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menambah anggaran untuk meredam dampak wabah virus korona Covid-19 hingga ke lapisan menengah bawah. Salah satunya melalui program kartu sembako.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani menjelaskan, program tersebut merupakan perluasan dari program Bantuan Pangan Nontunai (BPNT). Awalnya sasaran program ini adalah 15,2 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Kemudian kartu sembako akan diperluas sasarannya menjadi 20 juta KPM. Saldonya pun ditambah dari yang mulanya Rp 150 ribu menjadi Rp 200 ribu per bulan.

Program ini akan dilaksanakan melalui Kementerian Sosial mulai April. Kartu sembako akan diberikan selama sembilan bulan, diperpanjang dari yang tadinya hanya enam bulan untuk BPNT.

“Artinya sampai pengujung tahun 2020 diberikan manfaat tambahan menjadi Rp 200.000,” ujarnya dalam video conference, Rabu (8/4).

Askolani menyebut, untuk menambah manfaat dan jumlah sasaran ini, pemerintah perlu merogoh kocek lebih dalam. Dari yang awalnya Rp 28 triliun, menjadi Rp 43,6 triliun.

“Total penerima yang di awal APBN hanya 15,2 juta sekarang menjadi 20 juta KPM sampai Desember 2020,” pungkasnya. (jpnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here