JadwalUTBK Digelar 5-12 Juli 2020

JadwalUTBK Digelar 5-12 Juli 2020
JadwalUTBK Digelar 5-12 Juli 2020

MAGELANGEKSPRES.COM,JAKARTA – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan jadwal terbaru pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020, yang akan diselenggarakan pada 5 hingga 12 Juli 2020.

Ketua LTMPT, Mohammad Nasih mengatakan, bahwa pendaftaran UTBK dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang sedianya dimulai pada tanggal 30 Maret 2020, akhirnya dilaksanakan pada 2 Juni hingga 20 Juni 2020.

“Sempat ditunda, pendaftaran akhirnya diputuskan untuk dilaksanakan pada 2 Juni 2020. Untuk UTBK akan diselenggarakan pada 5 hingga 12 Juli mendatang,” kata Nasih, Senin (6/4).

Nasih mengatakan keputusan itu berdasarkan keputusan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit diperpanjang hingga 29 Mei 2020.

“Diperkirakan pelaksanaan UTBK pada Juli mendatang tersebut dalam kondisi aman dari pandemi Covid-19,” ujarnya.

Nasih menambahkan, utuk pengumuman SBMPTN sendiri nantinya akan dilakukan pada 25 Juli 2020. Adapun surat Edaran dengan nomor 11/SE.LTMPT/2020, ditujukan untuk Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dan Rektor Perguruan Tinggi Negeri hingga siswa para siswa SMA, MA dan SMK.

Dalam surat edarannya Nasih juga menyebut, bahwa materi tes UTBK merupakan Tes Potensi Skolastik (TPS). Setiap peserta hanya diijinkan mengambil tes sebanyak satu kali.

“Pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali atau bersamaan, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan Program Studi Tujuan,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua II LTMPT, Sutrisna Wibawa menjelaskan, bahwa kebijakan tersebut diambil dengan mempertimbangkan status tanggap darurat Korona yang akan berakhir 29 Mei 2020.

“Kemarin sudah kita rapatkan, ini persoalannya di teknis waktu, BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) menetapkan sampai 29 Mei kan daruratnya, maka skenario sementara untuk UTBK tinggal bulan juni,” terangnya.

“Jadi Juni harus dilakukan, kemudian pendaftaran SBMPTN karena Juli harus sudah diumumkan, terus lanjut masuk ke Seleksi Mandiri,” sambungnya.

Menurut Sutrsina, terbatasnya waktu pelaksanaan UTBK itu pula yang membuat pelaksanaan UTBK hanya akan digelar satu kali untuk setiap satu peserta. Pasalnya, kebijakan ini berbeda dengan kebijakan sebelumnya, yang memberikan dua kali kesempatan kepada peserta untuk mengikuti UTBK.

“Perbedaannya tidak signifikan. Tapi jangan khawatir, karena pengalaman tahun lalu UTBK dua kali pun nilai peserta hampir sama hasilnya. Yang penting siapkan diri, belajar, nanti nilai akan maksimal, optimis saja,” tuturnya.

Dapat diketahui, pendaftaran UTBK yang sedianya dimulai pada tanggal 30 Maret 2020. Namun akhirnya bergeser pada 2 Juni hingga 20 Juni 2020. Sedangkan pelaksanaan UTBK yang sedianya dimulai pada tanggal 20 April 2020 diundur menjadi tanggal 5-12 Juli 2020.

Keputusan tentang penundaan jadwal pendaftaran dan pelaksanaan UTBK diambil atas kondisi nasional yang tengah menghadapi wabah virus korona atau coronavirus disease 2019 (covid-19). (der/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here