SD Mutual Kota Magelang Semprotkan Cairan Disinfektan Dua Hari Sekali

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Penyemprotan cairan disinfektan dilakukan SD Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang, Jawa Tengah. Upaya mencegah menjalarnya virus corona tersebut dilakukan dua hari sekali, selama siswa belajar di rumah.

Bismillah, ikhtiar kami sterilisasi sekolah dari virus corona, dengan bahan bahan yang sudah direkomendasikan. Semoga warga sekolah sehat semua,” kata Kepala SD Mutual, Luqman Novianto.

Semua ruangan dari ruang kelas hingga ruang kepala sekola disemprot cairan pembunuh bakteri itu.

“Penyemprotan sudah ada jadwalnya. Tanggal 18 Maret, 20, 23, 26 dan terakhir 28, sebelum anak-anak masuk, jika tidak ada perubahan,” tandas pria asal Temanggung ini.

Di sekolah yang berada di kompleks perguruan tinggi Muhammadiyah tersebut, selama dua pekan, siswa belajar di rumah. Dasarnya adalah Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 3 Tahun 2020 tentang pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) pada Satuan Pendidikan.

Lalu SE Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah Nomor : 085/II.4/D/2020 Tanggal 14 Maret 2020, SE Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Magelang Nomor : 031/III.4/F/2020 tentang edaran ikhtiar pencegahan Covid-19

“Dan SE dari Dinas Pendendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang Nomor : 420/465/230 tentang antisipasi penyebaran Covid-19 atau virus corona,” kata alumni UM Magelang ini.

Saat libur di dua hari awal, Selasa dan Rabu, 17-18 Maret 2020, seluruh siswa mencatat perbuatan baik yang sudah dilaksanakan di rumah dan mengirimkan lewat whatsapp (WA) ke wali kelas.

“Contohnya aktivitas baik saat membantu orang tua,” tandasnya.

Disamping itu, siswa dan siswi mendapat kewajiban pembelajaran lewat WA dari guru SD Mutual mulai Kamis, 19 Maret 2020. Untuk memudahkan informasi pembelajaran, sementara komunikasin group kelas hanya satu arah.

“Yang bisa mengirim pesan hanya admin. Untuk konsultasi dapat lewat pesan pribadi atau japri,” tandasnya.

Siswa dan siswi diharapkan menggunakan masa libur untuk berdiam diri di rumah, mengerjakan tugas dari guru, masa belajar di rumah tidak boleh digunakan untuk berlibur ke tempat wisata atau keramaian  seperti mall atau pasar.

“Guru dan karyawan SD Mutual tetap masuk menyelesaikan administrasi sekolah, menyiapkan perangkat pembelajaran online dan mengirimkan tugas lewat WA kepada orang tua. Semua warga sekolah harus menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing. Tetap waspada apabila mengalami demam, batuk, pilek, disertai kesulitan bernafas untuk segera ke fasilitas kesehatan terdekat,” bebernya. (rls/man)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here