Peringati Ultah, D’Tarjo Beri Bantuan Tempat Sampah di Purworejo

D’Tarjo Beri Bantuan Tempat Sampah
SERAHKAN. Komunitas D’Tarjo menyerahkan bantuan tempat sampah dan perlatan ibadah kepada pengelola wisata Gong Silegi Desa Kemiri,

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Peringatan anniversary atau ulang tahun (Ultah) ke-3 komunitas D’Tarjo (Daihatsu Taruna Purworejo) diisi dengan aksi sosial. Sekitar 200 pecinta Daihatsu Taruna yang tergabung dalam D’Tarjo memberikan bantuan berupa tempat sampah di lokasi wisata Gong Silegi, Desa Kemiri Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo, Minggu (30/12).

Bantuan tempat sampah memang tidak diberikan kepada masyarakat secara langsung. Namun, pemberian bantuan kepada pengelola tempat wisata menjadi salah satu bentuk edukasi kepada masyarakat  agar dapat menjaga kebersihan saat berwisata.

Ketua D’Tarjo, Supadi menyebut pihaknya ingin memberikan nilai lebih pada komunitasnya. Pemberian bantuan tempat sampah menunjukkan bahwa D’Tarjo bukan sebuah komunitas hura-hura, melainkan komunitas yang memiliki kepedulian sosial dan lingkungan.

“Gong Silegi menjadi sasaran kami dalam peringatan ulang tahun kali ini. Kami melihat tempat ini memiliki potensi tapi masih perlu mendapatkan sentuhan,” sebut Supadi.

Menurutnya, pemilihan pemberian tempat sampah merupakan tindak lanjut komunikasi dengan pihak pengelola. Destinasi itu masih dalam tahap rintisan sehingga membutuhkan dukungan dari banyak pihak.

“Selain komunikasi dengan pengelola, kami juga melakukan survei terlebih dahulu. Dimana kami mendapati banyak pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Ini dipicu masih sedikitnya tempat sampah yang tersedia,” ungkapnya.

Ada bentuk bantuan lain yang diberikan dalam kesempatan itu, yakni peralatan salat. Keberadaanya untuk mendukung keberadaan tempat ibadah yang telah ada.

“Kebetulan juga di musala yang ada, belum disediakan peralatan alat salat,” katanya.

Koordinator kegiatan,  Mochamad Nuryadi, menambahkan bahwa D’Tarjo selalu berusaha menggelar kegiatan di tempat-tempat wisata yang ada di Purworejo. Biasanya selain diikuti anggota, juga mengundang komunitas serupa dari luar kota.

“Dengan menggelar kegiatan di tempat wisata, kita bisa mengenalkan destinasi yang dimiliki Purworejo. Ini untuk mendukung program pemerintah dalam Romansa Purworejo 2020,” ujar Nuryadi. (top)

Artikel Menarik Lainnya :  Total Kasus Positif Covid-19 di Purworejo Dekati Angka 7.000