Pascaterbakar, Pembangunan Pasar Blabak, Magelang Sudah Selesai

pascaterbakar
PASAR BLABAK. Bangunan Pasar Blabak Mungkid telah berdiri namun belum siap digunakan untuk aktifitas perdagangan.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Pembangunan Pasar Blabak Mungkid pascakebakaran pada bulan Oktober kemarin sudah rampung. Bangunan tempat berdagang yang baru sudah nampak berdiri kokoh, namun belum ditempati. Karena, belum terdapat sekat dan pembagian tempat belum selesai.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Magelang, Drs H Asfuri Muhsis MSi, mengatakan, meskipun bangunan sudah selesai namun peresmian pasar masih belum diketahui waktunya.

“Untuk peresmian Pasar Blabak Mungkid masih menunggu kabar persiapannya,” ucap Asfuri.

Baca Juga
41 Tersangka Narkoba Ditangkap Polres Magelang Kota di Tahun 2019

Sementara, Ketua Paguyuban Pasar Blabak Mungkid, Edi Kutanto mengatakan, pihaknya tidak terburu-buru dalam hal peresmian pasar. Dikarenakan masih belum siap secara teknis dan fisik.

“Tanghal 2 Januari besok rencana akan dilakukan pemasangan sekat hingga seminggu kedepan,” ungkap Edi.

Sedangkan posisi pedagang pada bangunan yang lama berubah jika dibandingkan dengan bangunan yang baru. Hal tersebut menurut Edi berpotensi rawan konflik antar pedagang.

“Diharapkan saat pembagian tempat semua pedagang menerima, sehingga tidak timbul gesekan.

Harapan kami, peresmian lebih baik mundur, setelah pembagian tempat selesai. Jadi lebih baik lambat namun minim konflik,” papar Edi.

Akibat kebakaran pada Kamis (17/10), 191 pedagang kehilangan tempat berdagang, karena 30 % bangunan terbakar habis.

Baca Juga
Gagal Nanjak di Jalur Purworejo-Magelang, Dua Truk Nyaris Terjun ke Jurang

Adapun bagian pasar yang terbakar terdiri dari 3 Los yaitu Los D sebanyak 24 Los, Los E sebanyak 25 Los dan Los F sebanyak 42 Los Total Los yang terbakar sebanyak 91 Los dan 4 Los Cagar budaya ikut terbakar.

“Selain itu nanti didalam pasar akan kami dirikan semacam pos keamanan jaga malam, pada bagian yang masih kosong,” tandas Edi.(cha)

Artikel Menarik Lainnya :  Wuwuharjo Jadi Jujugan Vaksinasi Massal