Gagal Nanjak di Jalur Purworejo-Magelang, Dua Truk Nyaris Terjun ke Jurang

EVAKUASI. Evakuasi terhadap 2 unit truk yang terguling karena gagal menanjak menjadi perhatian warga di tanjakan Kalijambe Jalan Purworejo-Magelang, 
EVAKUASI. Evakuasi terhadap 2 unit truk yang terguling karena gagal menanjak menjadi perhatian warga di tanjakan Kalijambe Jalan Purworejo-Magelang, 

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO – Dua unit truk jenis colt diesel nyaris terjun ke dalam jurang akibat gagal menanjak di Jalan Purworejo-Magelang, tepatnya tanjakan Kalijambe Kecamatan Bener, Senin (30/12) siang. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut, tetapi kerugian diperkirakan mencapai jutaan rupiah.

Akses jalan sempat mengalami kemacetan. Insiden itu pun menjadi perhatian warga dan para pengendara yang melintas.

Informasi yang dihimpun di lokasi menyebutkan bahwa kejadian tersebut berawal dari adanya satu truk berwarna kuning dari arah bawah atau Purworejo yang tidak kuat menanjak sekitar pukul 11.50 WIB. Akhirnya truk berwarna hitam membantu menariknya.

Namun, truk penarik diduga terlambat menurunkan posisi persneling saat jalan menanjak. Keduanya lalu mundur dan terguling ke bagian luar jalan.

“Sampai di lokasi truk yang menarik tidak kuat karena diduga persnelingnya telat pindah,” kata Muhamad Irfan (25), salah satu saksi mata kejadian.

Akibat dari terperosoknya 2 truk tersebut sempat membuat macet jalan Provinsi Purworejo-Magelang. Evakuasi yang dilakukan petugas bersama warga setempat berlangsung cukup lama karena beratnya beban kendaraan.

“Untungnya tidak masuk jurang mas, dibelakangnya kan sudah jurang itu. Tadi setelah 3 jam, 1 truk bisa dievakuasi,” ujarnya.

Irfan menambahkan bahwa insiden kecelakaan serupa kerap terjadi di tanjakan Kalijambe. Penyebabnya nyaris sama, beban kendaran terlalu berat sehingga tidak kuat menanjak.

“Kalau disini sudah sering mas ada kejadian seperti ini, terutama kalau ada truk yang belum pernah lewat sini dan muatannya banyak, sering tidak kuat menanjak,” ungkapnya. (top)