Keamanan Tahun Baru di Temanggung, Perlu Keterlibatan Semua Pihak

PANTAU. Kapolres Temanggung AKBP Muhammad Ali bersama jajaran Forkominda Temanggung melakukan pemantauan di salah satu gereja di Temanggung, 
PANTAU. Kapolres Temanggung AKBP Muhammad Ali bersama jajaran Forkominda Temanggung melakukan pemantauan di salah satu gereja di Temanggung, 

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Kondisi terciptanya tertib dan keamanan agar masyarakat nyaman dalam beraktivitas menjadi prioritas pemerintah daerah dan Kepolisian Resor Temanggung, pada akhir dan tahun baru.

“Alhamdlillah selama perayaan Natal tidak ada kendala berarti, selanjutnya tahun baru juga harus berjalan dengan aman. Polres, pemda dan stakeholder memprioritasnya kondusifitas tetap terjaga,” kata Kapolres Temanggung AKBP Muhammad Ali.

Ia mengatakan Polres telah menggelar rapat koordinasi lintas sektoral kesiapan pengamanan hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, atau Operasi Lilin Candi 2019. Rapat itu antara lain melibatkan kepolisian, Kodim 0706 Temanggung, Pemda, Kejaksaan dan Pengadilan Negeri.

Baca Juga
Pria yang Ditemukan Tewas di Sungai Progo ternyata Warga Temanggung

Polres Temanggung akan menerjunkan segenap sumber daya untuk Operasi Lilin Candi 2019. Seperti ratusan personel dari Polres hingga Polsek dengan dukungan peralatan termasuk persenjataan.

“Kini telah ada operasi cipta kondisi dengan meningkatkan razia dan patroli kewilayahan,” ungkapnya.

Kapolres menyatakan dalam hal ini diperlukan keterlibatan semua pihak, termasuk ormas untuk membantu pengamanan di tempat ibadah, pusat perekonomian dan obyek vital guna meminimalisir ancaman-ancaman dan gangguan keamanan.

Pada Pemda, dia menyarankan, pada perayaan tahun baru agar membagi kegiatan pada tiap-tiap kecamatan, untuk memecah konsentrasi massa dan tidak terpusat di satu titik yaitu alun-alun.

“Ini demi kemanan dan kelancaran masyarakat saat merayakan malam pergantian tahun,”  katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo mengatakan, di momen peringatan malam pergantian tahun yang menjadi agenda tahunan tersebut, dirinya meminta masyarakat agar tetap waspada.

Baca Juga
Ribuan Warga Dukung Soft Opening Magelang Moncer Serius 2020

“Jangan sampai lengah, jika ingin merayakan malam pergantian tahun harus memperhatikan keamanan dan keselamatan,” pesan Wabup.

Wabup juga meminta, agar masyarakat untuk bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri dan polisi bagi lingkungannya. Sehingga kondisi lingkungan bisa benar-benar aman dari segala bentuk tindak kriminal.

“Jumla petugas keamanan sangat terbatas, keterlibatan masyarakat dalam pengamanan sangat dibutuhkan,” katanya. (set)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here