DPRD Temanggung Soroti Kualitas Layanan PDAM yang Menurun

DPRD Temanggung Soroti Kualitas Layanan PDAM yang Menurun
DPRD Temanggung Soroti Kualitas Layanan PDAM yang Menurun

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Pelayanan yang dilakukan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Agung Temanggung menjadi sorotan DPRD Temanggung. Pasalnya pelayanan yang dilakukan oleh perusahaan berpelat merah ini mengalami penurunan kualitas.

Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP) DPRD Temanggung Slamet Eko Wantoro mengatakan, sejauh ini masyarakat sudah sering mengeluhkan pelayanan yang diberikan oleh PDAM Temanggung. Keluhan-keluhan tersebut sudah langsung disampaikan oleh masyarakat, terutama pelanggan PDAM.

“Ada juga yang mengeluhkan pelayanan PDAM ke DPRD, tapi ada juga yang langsung disampaikan ke PDAM,” ujarnya, belum lama ini.

Baca Juga
Petani Kentang di Wonosobo Temukan Arca Terbesar di Dieng

Namun lanjutnya, keluhan terkait dengan pelayanan di tubuh PDAM tersebut, belum mendapat tanggapan yang serius dari pihak manajemen PDAM Trita Agung Temanggung. Hal tersebut bisa dilihat dari air yang mengalir ke konsumen PDAM yang masih mengalami kendala.

“Ada yang debit airnya turun, ada juga yang mati dan harus menunggu giliran dan banyak lagi keluhan yang disampaikan ke PDAM,” terangnya.

Keluhan-keluhan yang disampaikan oleh konsumen tersebut sudah langsung diteruskan kepada manajemen PDAM saat dilakukan rapat paripurna di DPRD. Bahkan hampir semua fraksi di DPRD juga sudah menyampaikan dan menyarankan kepada PDAM untuk semakin meningkatkan kualitas pelayanan.

“Semua fraksi sudah menyampaikan, agar PDAM semakin meningkatkan pelayanannya kepada pelanggan,” katanya.

Menurut Slamet, setiap tahun tarif dasar air (TDA) di PDAM Temanggung mengalami kenaikan, bahkan untuk menaikan TDA tidak perlu lagi ada pembahasan. Sebab kenaikan tarif sudah disetujui saat pembuatan roadmap.

“Memang tidak perlu lagi pembahasan, akan tetapi tetap harus menunggu peraturan bupati (perbup),” katanya.

Kendati demikian, PDAM harus melakukan pengecekan jaringan air, kemungkinan karena ada jaringan atau instalasi pipa yang mengalami kendala, sehingga pelayanan kepada konsumen menjadi terganggu.

Artikel Menarik Lainnya :  Polri Wajib Jamin Rasa Aman dan Nyaman di Tengah Pandemi

Baca juga
Pria yang Ditemukan Tewas di Sungai Progo ternyata Warga Temanggung

Slamet juga mengimbau, pelayanan terhadap konsumen bisa semakin ditingkatkan lagi, agar konsumen tidak merasa kecewa karena sudah membayar tagihan dengan tepat waktu.

“Semakin ditingkatkan, kan pelanggan juga sudah memenuhi kewajibannya membayar tagihan air sesuai dengan penggunaannya. Bahkan ada beberapa pelanggan yang juga mengeluhkan tagihan PDAM yang cukup mahal karena tidak sesuai dengan penggunaan air,” tandasnya. (set)