Selama Libur Nataru, Pengamanan Candi Borobudur Ditingkatkan

pengamanan candi borobudur
PENGAMANAN. Peningkatan pengamanan Candi Borobudur dalam musim liburan akhir tahun dilaksanakan oleh jajaran Kodim 0705/Magelang, Kepolisian dan unsur lainnya.

MAGELANGEKSPRES.COM,BOROBUDUR – Musim liburan akhir tahun, pengamanan objek wisata kelas internasional Candi Borobudur ditingkatkan. Sedikitnya 1 SST personel Kodim 0705/Magelang bersama Kepolisian dan unsur lainnya diturunkan untuk mengamankan Candi Borobudur dalam liburan Natal dan Tahun Baru 2020.

Saat mengecek personel pengamanan di Pos Candi Borobudur, Jumat (27/12), Pasi Ops Kodim 0705/Magelang Kapten Arm Jumiyanto mengatakan, diperkuat pengamanan di Candi Borobudur bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada para pengunjung Candi Borobudur.

“Borobudur menjadi prioritas utama pengamanan pada liburan akhir tahun 2019, tentunya selain titik titik obyek wisata lainnya.

Baca Juga
Desa Wisata Bojong, Magelang Diperkuat dengan Taman Bunga

Candi Borobudur merupakan destinasi wisata utama di Kabupaten Magelang dan paling banyak dikunjungi wisatawan nusantara maupun mancanegara. Sehingga perlu pengamanan yang lebih dibanding destinasi wisata lainnya,” ucap Pasi Ops Kodim 0705/Magelang Kapten Arm Jumiyanto.

Dikarenakan Candi Borobudur merupakan cagar budaya yang juga diawasi oleh pusat sehingga secara teknis pengamanan di kawasan cagar budaya dunia ini akan dilengkapi alat pendeteksi logam yang wajib dilewati wisatawan saat berkunjung, termasuk pemeriksaan tas bawaan oleh petugas.

“Pos pengamanan khusus juga didirikan di kawasan tersebut untuk mempermudah petugas melakukan pengamanan dan mengatur lalu lintas yang ramai selama libur Natal dan tahun baru. Kami ingin memastikan masyarakat, khususnya wisatawan merasa aman dan nyaman berlibur,” papar Kapten Arm Jumiyanto.

Selain Candi Borobudur, titik lainnya yang juga menjadi konsentrasi pengamanan adalah Ketep Pass Merapi, simpang Artos Mertoyudan, area perbatasan Magelang-Yogyakarta di Salam, perbatasan Magelang-Temanggung di Secang, dan pusat-pusat perbelanjaan.

“Personel yang terlibat dari unsur TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan instansi terkait lainnya,” terang Pasi Ops Kodim 0705/Magelang saat mengecek di pos pengaman.(cha).

Artikel Menarik Lainnya :  Jangan Terprovokasi Soal Penundaan Ibadah Haji 1442