Sejumlah Destinasi di Wonosobo Dipadati Wistawan

TIBA. Beberapa rombongan wisatawan dari luar daerah mulai membanjiri kawasan transit Kalianget hingga terminal Mendolo, sejak Senin lalu
TIBA. Beberapa rombongan wisatawan dari luar daerah mulai membanjiri kawasan transit Kalianget hingga terminal Mendolo, sejak Senin lalu

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO – Jumlah wisatawan di Kabupaten Wonosobo masuk hampir setiap hari. Dimulai sejak libur sekolah, Natal hingga tahun baru mendatang.  Dampaknya, beberapa destinasi mulai dipadati pengunjung.

Salah satu indikator kenaikan wisatawan, di Terminal Mendolo hingga transit parkir Kalianget menjadi persinggahan bus besar, yang tidak bisa naik ke kawasan Dieng.

Menurut salah satu Tour Leader dari pengunjung asal Boyolali, ada sedikitnya 130 wisatawan dalam sekali kunjungan. Bahkan untuk beberapa paket wisata seperti liburan siswa sekolah, biasanya mencapai 200 pengunjung lebih. Namun dengan angka itu, mereka cukup kesulitan mencari tempat untuk beristirahat maupun fasilitas mendasar seperti amenitas berupa rumah makan.

“Kami sudah survei beberapa kali, susah sekali mencari tempat makan yang kapasitasnya di atas 200 dan masih muat ketika musim liburan panjang seperti ini di Wonosobo. Meski akhirnya dapat, lokasinya agak jauh dari pusat kota atau destinasi tujuan di jalan Dieng sana,” ungkap Sania, seorang Tour Leader yang tiba di Kalianget kemarin (28/12).

Baca Juga
Liburan Panjang, Jalur Dieng, Wonosobo Padat Merayap

Meskipun tergolong cukup terjangkau dari sisi harga, namun kawasan wisata mulai dari Telaga Menjer di Garung hingga di kawasan Candi Dieng sulit menampung wisatawan yang butuh tempat makan yang nyaman. Sehingga, mayoritas agenda dipusatkan pada pagi harinya lalu agenda makan siang diarahkan ke luar kota.

“Kami biasanya dapat rekomendasi tempat makan dari rekan-rekan pengusaha atau praktisi wisata di sini. Bahkan untuk masalah penginapan atau hotel, kami kerap kesulitan karena yang menampung hingga 250 orang sepertinya hingga saat ini belum ada,” ungkapnya.

Sementara itu, prediksi puncak kunjungan wisatawan akan terjadi pada akhir pekan ini. Yakni, pada Sabtu-Minggu (28-29/12). Kasubbag TU Unit Pengelola Terpadu Wisata Kabupaten Wonosobo, Listwindarwati mengatakan, kenaikan jumlah wisatawan sudah mulai sejak Senin (23/12) lalu. Tercatat ada sekitar 10.000 pengunjung berwisata di Wonosobo baik wisatawan lokal maupun luar. Untuk kenaikan paling signifikan terlihat di kawasan Dieng dan Kalianget dan pihaknya mengerahkan seluruh karyawan di usaha wisata dengan mengurangi jadwal libur dan sistem shift untuk menangani kenaikan lonjakan wisatawan. (win)

Artikel Menarik Lainnya :  Antisipasi Covid, 15 Warga Pulang Ziarah Jalani Tes Swab Antigen