Peserta Pesantren Holiday Magelang Belajar Jurnalistik di ME

BERPOSE BERSAMA. Peserta Pesantren Holiday, Panitia dan Pihak Magelang Ekspres berpose bersama.
BERPOSE BERSAMA. Peserta Pesantren Holiday, Panitia dan Pihak Magelang Ekspres berpose bersama.

MAGELANGEKSPRES.COM, MAGELANG – Tahun ini, penyelenggaraan Pesantren Holiday sudah yang ketiga kalinya. Suguhannya pun berbeda. Pesertanya diajak ke Kantor Redaksi Magelang Ekspres (ME), Jalan Ahmad Yani Nomor 348, Jumat (27/12/2019) siang.

Kedatangannya, dalam kegiatan yang dikomandoi LasizMu Kota Magelang itu, secara langsung untuk mengenal dunia jurnalistik, perkoranan. Sekaligus, sebagai upaya untuk menumbuhkan semangat literasi.

“Kami bawa ke sini agar mereka semakin cinta dengan literasi. Budaya tulis, budaya baca. Koran ada kaitannya dengan tulis menulis dan membaca. Peserta juga bisa mengenal pengetahuan kejurnalistikan,” kata Ketua Panitia Ariq Fikria Niagasi.

Di kantor harian umum tersebut mereka diberi penjelasan soal proses pembuatan koran. Mulai dari kinerja wartawan di lapangan mengumpulkan bahan-bahan berita, mengolah berita, proses editing di meja redaktur, layout koran, cetak hingga distribusi.

Dalam kesempatan ini, mereka juga praktik menulis terkait jalannya acara dan pengalaman pribadinya selama mengikuti Pesantren Holiday. Saat di Magelang Ekspres mereka dipandu oleh salah satu awak redaksi, Malik Salman.

Baca Juga
100-0-100 Belum Terwujud di Tahun 2019, Pemkot Magelang Tak Patah Arang

“Selain kunjungan ke Magelang Ekspres, ada juga kegiatan lainnya, seperti murajaah, parenting, robotika, outbond, berbagi nasi, com-healthy, pantomime,” jelasnya.

Pesertanya ada sekitar 75 siswa. Mereka merupakan siswa kelas 4, 5, dan 6 sekolah dasar (SD). Pesantren Holiday dengan tagline “Membuat Liburanmu Lebih Bermakna” digelar selama empat hari, Kamis – Minggu, 26 – 29 Desember, terpusat di SD Muhammadiyah I Alternatif (Mutual) kota setempat.

“Anak-anak yang libur (sekolah), ingin dengan kegiatan-kegiatan positif. Di Pesantren Holiday bukan hanya edukatif, tapi pengetahuan agama juga dimasukkan. Liburnya siswa tidak menjadi sia-sia. Ada edukatifnya, ada bermainnya, anak menjadi tidak tertekan,” kata  Ketua LazisMu (Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah) Kota Magelang, Andi Triyanto, MSi.

Artikel Menarik Lainnya :  Menginjak Usia 103 Tahun, HK Mustika Gold Kampanyekan Investasi Emas

Pesertanya bukan hanya dari lingkup kota, tetapi juga dari Kabupaten Magelang. Bahkan ada yang dari Temanggung hingga Jogjakarta.

Baca Juga
Puluhan Napi Salemba Dikirim ke Purworejo

“Ini kan pas libur sekolah. Jadi waktu liburan diisi dengan kegiatan yang lebih bermanfaat, seperti Pesantren Holiday ini,” kata Faiq dari siswa SD Islam Al Azhar 31 Jogjakarta.

Hal senada juga diakui Hafizah, asal Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang. Dari rangkain acara yang sudah dijalani hingga hari kedua, yang membuat berkesan saat mengunjungi kantor tersebut. Ia mengaku mendapat tambahan pengetahuan lain di luar mata pelajaran sekolah.

“Ya bisa mengetahui proses pembuatan koran. Bisa belajar nulis juga,” aku Hafizah yang merupakan siswi SDN 6 Kota Magelang ini. (man)