Lima Pendaftar Maju Calon Sekda Temanggung

Kepala BKPSDM Temanggung Teguh Suryanto 
Kepala BKPSDM Temanggung Teguh Suryanto 

MAGELANGEKSPRES.COM,TEMANGGUNG – Hingga hari terakhir pendaftaran, tercatat hanya ada lima orang saja pendaftar yang ingin maju maju sebagai calon calon sekretaris daerah (sekda) Temanggung.

Kepala BKPSDM Temanggung Teguh Suryanto mengatakan, pendaftaran sekda di Kabupaten Temanggung sudah dibuka sejak tanggal 20 Desember lalu dan masa pendaftaran sendiri berakhir pada 27 Desember 2019 ini.

“Ada lima orang yang sudah memasukkan berkas pendaftaran, kelimanya dari Temanggung,” terang Teguh, Jumat (27/12).

Disebutkan, kelima orang dimaksud yakni Asisten Dua Sekda Temanggung Hari Agung Prabowo, Sekretaris DPRD Temanggung Bagus Panuntun, Kepala Disnaker Kabupaten Temanggung Agus Sarwono, Kepala Satpol PP dan Damkar Temanggung Agus Munadi, dan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Suminar Budi Setiawan.

“Berkas pendaftaran dari kelima orang ini sudah diterima langsung oleh panitia seleksi calon Sekda Temanggung,” katanya.

Baca Juga
Pemkot Magelang Bakar Daging Tak Laik Konsumsi

Teguh menuturkan, jika dilihat dari persyaratan untuk menjadi sekda, kelima calon tersebut memang telah memenuhi syarat administrasi. Untuk tahapan seleksi sendiri akan terus berlangsung setelah seleksi administrasi dilakukan.

“Akan segera dilakukan seleksi oleh panitia pansel yang telah ditetapkan oleh Bupati Temanggung M Al Khadziq beberapa waktu lalu. Untuk panselnya memang masih sama dengan yang dulu. Karena seleksi kali ini merupakan satu kesatuan dengan seleksi Sekda yang sempat gagal kemarin,” tuturnya.

Pada pembukaan Sekda kali ini memang tidak ada calon dari luar daerah yang mendaftar. Namun karena masih satu kesatuan, dua pendaftar calon sekda yang lolos pada seleksi sebelumnya juga akan diundang untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya.

Dua calon sekda yang lolos pada seleksi sekda sebelumnya yakni Sih Widiyanto (Pejabat Fungsional Setda Wonosobo) dan One Andang Wardoyo (Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Wonosobo yang saat ini telah menjabat Sekda Wonosobo).

Artikel Menarik Lainnya :  Umat Budha Kalimanggis Gelar Ritual Peletakan Patung Dewi Sri

“Mereka akan kami undang kembali, kami akan menayakan kepada mereka apakah masih ingin melanjutkan seleksi atau tidak. Semuanya kami kembalikan kepada mereka,” jelasnya.

Menurutnya, jika mereka berdua masih berkenan untuk mengikuti seleksi Sekda Temanggung maka ke tujuh calon Sekda itupun harus mengikuti beberapa tahapan seleksi.

“Tahapannya nanti ada pembuatan makalah, di mana temanya ditentukan oleh Pansel (Panitia seleksi). Kemudian ada Asesmen, ada wawancara oleh Pansel juga, dan beberapa tahapan lainnya,” rincinya.

Setelah melewati tahapan tersebut maka pansel akan menentukan tiga besar calon sekda yang akan diserahkan kepada Bupati Temanggung. Nantinya, bupati lah yang akan memilih dan mengkonsultasikan kepada Gubernur untuk menentukan Sekda definitifnya.

Baca Juga
Petani Bawang Putih Temanggung Berharap Harga Panenannya Stabil

Sementara itu, pansel yang akan melaksanakan tahapan rekruitmen Sekda Temanggung ini sudah ditetapkan melalui keputusan Bupati Temanggung nomor : 800. 22/201/2019, tanggal 21 Februari 2019 telah ditetapkaan juga lima panitia seleksi Sekda yang diketuai oleh Eni Zuhriyah yang merupakan Akademisi Universitas Muhamadiyah Magelang. Serta empat anggota lainnya yakni Luluk Ifadah (Akademisi STAINU Temanggung), Sri Purwanti (Tokoh Masyarakat), Anjaswari Dewi (Kepala BKN Kanreg 1 Yogyakarta) serta Herru Setiadhie (Asisten Administrasi Provinsi Jawa Tengah).

“Mereka sudah mulai bekerja dan akan menentukan tiga besar dari calon yang mendaftarkan diri menjadi Sekda Temanggung,” tandasnya. (set)