Liburan Panjang, Jalur Dieng, Wonosobo Padat Merayap

Jalur
Liburan Panjang, Jalur Dieng, Wonosobo Padat Merayap

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO– Kepadatan arus lalulintas terjadi di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Wonosobo. Kepadatan kendaraan yang didominasi dari luar kabupaten tersebut mengarah ke jalan Dieng .

“Sesuai prediksi, kepadatan arus lalu lintas menuju kawasan wisata memang akan terjadi mulai hari ini, sebab masuk libur akhir tahun,” ungkap Kasatlantas Polres Wonosobo AKP Putri Nur Chalifa kemarin.

Menurutnya, dari pantuan yang dilakukan di sejumlah jalur utama terlihat kepadatan menuju   arah Dieng dan arah masuk kota Wonosobo, dimana banyak plat luar kota saling antri memenuhi sudut jalan arah ke ibu kota kabupaten.

“Kepadatan yang sama juga terjadi pada jam 14.00 siang tadi (kemarin) dimana arus lalu lintas terpantau padat merayap,” ujarnya.

Baca Juga
Puluhan Napi Salemba Dikirim ke Purworejo

Dari informasi kawasan Kecamatan Kejajar juga mengalami kepadatan yang sama, dimana kendaraan yang berasal dari obyek wisata Dieng kembali ke kota sehingga arus sedikit terhambat.

Pihaknya mengaku sudah melakukan antisipasi terhadap kepadatan arus lalulintas di Wonosobo dalam menghadapi libur natal dan tahun baru. Sejumlah titik rawan kemacetan seperti jalur Dieng, pusat kota dan pertigaan Kertek, menjadi fokus utama.

“Di tiga titik itu, kita sudah dirikan pospam gabungan. Sehingga jika ada kemacetan dan gangguan yang lain langsung bisa diatasi dengan cepat,” tandasnya.

Di Kecamatan Kertek, kita turunkan personel untuk mengatur pertigaan pasar. Sebab, pada waktu-waktu tertentu sering krodit, yang dampaknya bisa mengakibatkan kemacetan hingga dua sampai tiga kilometer.

“Pertigaan Kertek ini ada personel yang bertugas selama 24 jam, memastikan arus lalin berjalan lancar,” imbuhnya.

Selain itu, di pusat kota, ada pospam induk di Alun-alun Wonosobo untuk memantau arus lalin Jalan A Yani sebagai jantung kota Wonosobo. Sedangkan untuk kawasan Dieng ada pos pantuan di dekat Gardu Pandang Tieng Kejajar.

Artikel Menarik Lainnya :  Masuk Zona Merah, Satu Sekolah di Wonosobo Gagal Gelar PTM

Baca Juga
Distributor Sembako Palsu, Seorang Janda asal Bekasi Diamankan Polisi Purworejo

Sementara itu, Kasubbag TU Disparbud Wonosobo  Listwindarwati mengemukakan, diprediksikan puncak kepadatan wisatawan  akan terjadi pada Sabtu dan Minggu, 28-29 Desember 2019. Terkait hal itu pihaknya berharap tingkatkan kewaspadaan.

“Kepada wisatawan kami harap  tetap waspada, jaga kondisi fisik dan kendaraan, selain arus lalin yang padat, pada sore hari juga sering turun hujan,” pungkasnya. (gus)