Gelontorkan Penghargaan Pacu Semangat Atlet Kota Magelang

Gelontorkan Penghargaan Pacu Semangat Atlet Kota Magelang
HADIAH. Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono didampingi Kepala Disporapar Jarwadi memberikan penghargaan kepada para atlet berprestasi,

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Pemkot Magelang punya strategi tersendiri untuk memacu semangat para atlet. Mereka digelontorkan sejumlah penghargaan.

Di akhir tahun 2019 ini, setidaknya 41 atlet pelajar dan 8 atlet National Paralympic Committee (NPC) berprestasi menerima penghargaan. Total penghargaan yang diberikan seniai Rp214 juta untuk atlet pelajar dan Rp36 juta untuk atlet NPC.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, Joko Budiyono mengatakan, pemerintah perlu dukungan dari para atlet ini. Sudah semestinya pula, pemerintah memberi semangat dan pelecut agar para atlet tetap terpacu meraih prestasi.

”Kami kira kepentingan para atlet harus menjadi prioritas. Anggaran yang semula dialokasikan untuk kebutuhan instansi, kini diubah sebagai stimultan bagi atlet berprestasi. Karena jasa atlet-atlet ini menjadi aset penting bagi Kota Magelang,” kata Joko Budiyono seusai memberikan penghargaan itu di aula Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang, Jumat (27/12).

Baca Juga
Pemkot Magelang Bakar Daging Tak Laik Konsumsi

Berkat jasa para atlet, kata Joko, nama Kota Magelang bergaung sampai ke tingkat nasional dan bahkan internasional. Menurutnya, keberadaan para atlet juga mampu dijadikan promosi aktif, di dunia luar.

”Atlet adalah aset, maka harus senantiasa dijaga dan dijaga prestasinya. Mereka saya harapkan semakin giat berlatih, agar suatu saat ini mereka bisa meraih prestasi yang diidam-idamkan,” jelasnya.

Selain sumber daya manusia (SDM), Pemkot Magelang juga memperhatikan sarana fisik penunjang olahraga. Fasilitas olahraga representatif sudah dimiliki Kota Magelang di kompleks Gelora Sanden.

”Ada GOR Samapta, Stadion Moch Soebroto, Kolam Aquatic, lapangan tenis indoor dan outdoor Moncer Serius, lintasan sepeda, dan lain sebagainya. Segala fasilitas itu, terbuka lebar bagi para atlet-atlet calon pengharum nama Kota Magelang di kancah nasional dan internasional. Silakan digunakan, difungsikan, karena pemerintah membuka seluas-luasnya, untuk asas kemanfaatan fasilitas olahraga ini,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya :  SBMPTN Untidar Loloskan 1.537 dari 8.376 Pendaftar

Kepala Disporapar Kota Magelang, Jarwadi mengatakan, penghargaan ini wujud apresiasi dan motivasi kepada atlet berprestasi di sepanjang tahun 2019. Pemberiannya memang di akhir tahun, karena anggaran bisanya di perubahan, bukan penetapan.

”Dengan segala keterbatasan, Pemkot tetap memberikan apresiasi. Jangan lihat nilainya, karena memang tidak seberapa, tapi ini bentuk komitmen pemerintah dalam mendukung prestasi para atlet,” ujarnya.

Dia menuturkan, untuk kategori pelajar jumlah cabang olahraga yang meraih prestasi sebanyak 10 cabor. Antara lain cabor renang (12 medali), taekwondo (10 medali), tarung derajat (6 medali), tinju (4 medali), judo (3 medali), pencak silat (2 medali), dan basket (1 medali).

Baca Juga
Peserta Pesantren Holiday Magelang Belajar Jurnalistik di ME

Berikutnya atletik (1 medali), bulutangkis (1 medali), dan gulat (1 medali). Adapun atlet kategori NPC meraih 17 medali. Secara rinci, atlet yang meraih medali emas tingkat nasional mendapat apresiasi masing-masing Rp7 juta, medali perak Rp6 juta, dan perunggu Rp5 juta.

Untuk medali emas tingkat provinsi masing-masing Rp2,5 juta, medali perak Rp2 juta, dan medali perunggu Rp1,5 juta. Penghargaan juga diberikan kepada pelatih, masing-masing untuk peraih emas Rp2,5 juta, perak Rp2 juta, dan perunggu Rp1 juta.

”Untuk yang beregu, kita berikan masing-masing medali perak tingkat provinsi Rp5 juta dan medali perunggu Rp3,5 juta. Dengan stimulan ini, kami harap prestasi ke depan makin meningkat lagi,” katanya. (wid)