11 Kecamatan di Cilacap Rawan Potensi Gempa dan Tsunami

11 Kecamatan di Cilacap Rawan Potensi Gempa dan Tsunami
11 Kecamatan di Cilacap Rawan Potensi Gempa dan Tsunami

MAGELANGEKSPRES.COM,CILACAP – Empat Kabupaten di Jawa Tengah rawan tsunami. Yakni Kabupaten Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Wonogiri. Kabupaten Cilacap merupakan wilayah paling rawan tsunami diantara kabupaten dan kota di Jawa Tengah.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Tri Komara Sidhy mengatakan, untuk itu masyarakat harus siap siaga setiap saat. Beragam pihak harus mendapat dan mengetahui mitigasi bencana, salah satu tujuannya yakni untuk meminimalisasi korban dan kerugian.

Dikatakan, ada 58 desa pada 11 kacamata di Cilacap yang rawan terjadi gempa dan tsunami. Pihaknya telah memasang jalur evakuasi diberbagai titik rawan terjadi gempa dan tsunami.

“Arah evakuasi kita siapkan, harapannya masyarakat paham dalam membaca jalur tersebut,” kata dia.

Dari sarana dan prasarana kebencanaan milik BPBD terdapat 26 sirine peringatan dini gempa tsunami yang tersebar dari Pantai Teluk Penyu Cilacap hingga Pangai Jetis Nusawungu. Sejauh ini kualitasnya masih dinilai cukup baik.

“Kalau masalah kendala pasti ada apalagi di pantai pasti rentan korosi tapi kita selalu melakukan pemeliharaan,” kata dia.

Dengan pengetahuan yang tepat, masyarakat diharapkan bisa menerapkan proses evakuasi dengan benar saat terjadi bencana.

“Yang paling penting kita terus melakukan edukasi mengenai kebebencanaan terutama gempa bumi yang sulit diprediksi dan sulit dihitung,” tegasnya. (ray)