Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Tawarkan Paket Menikmati Kota Magelang dengan Bersepeda

bersepeda
SEPEDA. Walikota Magelang Sigit Widyonindito turut mengampanyekan kegiatan bersepeda di sela-sela kesibukannya.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Pemkot Magelang terus berupaya meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan tiap tahunnya baik domestik maupun mancanegara. Salah satunya yang terbaru mengenalkan potensi wisata bersepeda keliling Kota Magelang.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang, Jarwadi mengatakan, upaya menambah jumlah pengunjung akan terus dilakukan. Dengan segala potensi yang ada, pihaknya optimis tingkat kunjungan wisatawan bakal terus menanjak.

“Salah satunya wisata bersepeda ini yang kita kenalkan ke masyarakat luas. Kota Magelang disebut sebagai Tamannya Pulau Jawa (Tuin Van Java) di zaman Belanda. Oleh karena itu, banyak sisi keindahan dari kota ini yang bisa terus dieksplor,” katanya, kemarin.

Dia menjelaskan, potensi pariwisata di Kota Sejuta Bunga ini tidak hanya alam yang ada di Gunung Tidar, tapi juga beragam lainnya. Seperti kota tua atau wisata sejarah dengan banyaknya bangunan-bangunan tua bersejarah.

Baca Juga
Amankan Perayaan Tahun Baru 2020, Polda jateng Terjunkan Penembak Jitu

“Wisata sejarah juga bisa di museum-museum. Lalu menikmati suasana militer, mencicipi enaknya kuliner khas, mencoba spot-spot selfi, dan tak ketinggalan wisata olahraga yang sarananya terus kita lengkapi,” katanya.

Kasi Promosi Pariwisata Disporapar Kota Magelang, Retno menambahkan, wisata bersepeda memang gencar dipromosikan. Meskipun sudah cukup lama aktivitas wisata ini dikenalkan baik oleh komunitas bersepeda maupun paket-paket wisata yang ditawarkan hotel.

“Wisata minat khusus ini sangat potensial dikembangkan, karena memang banyak potensi yang bisa kita nikmati. Aneka bangunan tua enak kalau kita lihat sambil bersepeda. Termasuk menikmati taman-taman yang dibuat, apalagi daerah sungai dan hijaunya persawahan,” jelasnya.

Dia mengaku, baru saja menggandeng Komunitas Sepeda Lipat Magelang (Selima) untuk promosi wisata bersepeda. Bersama mereka, ia dan jajaran melakukan perjalanan bersepeda dari kompleks Karesidenan (Bakorwil) yang bersejarah menuju kawasan alun-alun yang memiliki bangunan herritage dan ikonik, Water Torn.

Artikel Menarik Lainnya :  Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang Poles Kampung Meteseh jadi Wisata Ekosistem

Alun-alun sendiri, katanya bisa dieksplor sepuasnya. Selain Water Torn, juga ada air mancur menari, spot selfi di tulisan Magelang, dan kuliner di Tuin Van Java. Kawasan Pecinan pun asyik dieksplor dengan bersepeda hingga kawasan Gunung Tidar yang dikenal sebagai wisata religi.

“Gunung Tidar tidak hanya religi, tapi juga wisata minat khusus berupa tracking dan ada gardu pandang serta Monumen Tanah Air di puncaknya. Bisa pula kunjungi Kampung Warna-warni di Tidar Campur yang penuh dengan spot selfi,” paparnya.

Baca Juga
Kedisiplinan Jamaah Haji asal Kabupaten Magelang Peringkat Lima di Jateng

Perjalanan bersepeda, katanya, dilanjutkan dengan menikmati kawasan asri di sekitar Akmil, Taman Badaan, Rindam IV, dan menyusuri Kali Bening hingga ke area Sport Center (Gelora) Sanden. Area ini bisa menjadi destinasi sport tourism yang potensial dikembangkan.

“Tujuan akhir sepeda bisa di Kebun Bibit Senopati yang berisi beragam jenis bibit tanaman baik yang populer maupun yang sudah langka. Di sela bersepeda kita juga ajak ke tempat-tempat kuliner spesial di Kota Magelang,” pungkasnya. (wid)