Kunjungan Wisatawan ke Seplawan, Purworejo Meningkat

BARU. Salah satu bangunan baru di obyek wisata Goa Seplawan menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Seplawan Kaligesing.

MAGELANGEKSPRES.COM,PURWOREJO-Penambahan fasilitas publik di destinasi Gua Seplawan, Desa Donorejo Kecamatan Kaligesing, Purworejo mendongkrak angka kunjungan. Dalam liburan Natal 2019, lahan parkir yang ada di dalam kompleks gua tidak mampu menampung kendaraan yang digunakan pengunjung, Kamis (26/12).

Pantauan Purworejo Ekspres, areal parkir mobil yang berada di dalam tidak muat untuk menampung kendaraan yang ada. Pengelola destinasi terpaksa menempatkan kendaraan, khususnya roda empat di pinggir jalan sebelum pintu masuk utama.

Fasilitas pubik baru yang berada di bawah jalan menuju gardu pandang memang terlihat menawan. Ada patung Siwa Parwati di bagian tenggah. Selain itu ada beberapa bentuk gunungan yang dicat motif pelangi.

Baca Juga
Belum Kantongi Izin, Pemkab Purworejo Warning Tujuh Alfamart

Pengunjung yang datang tidak menyia-nyiakan kesempatan berada di kawasan untuk mengabadikan diri. Cuaca mendung dengan sedikit gerimis tidak menyurutkan niat pengunjung untuk mendekat.

“Kalau mendung atau gerimis, malah awan tampak tebal. Kita seakan berada di atas awan,” kata Tejaningrum, 40, warga Kelurahan Borokulon Kecamatan Banyuurip yang datang bersama keluarganya.

Selain faslitas publik yang apik, lahan yang berada di bawah kepemilikan Pemprov Jateng itu juga menggarap batas provinsi yang selama ini menjadi tempat paling favorit untuk mengambil foto. Dibandingkan sebelumnya, tempat ini terlihat menarik dan diberikan pengaman dari besi.

Tejaningrum menambahkan jika dirinya sengaja memilih berwisata di Kaligesing, khususnya di Gua Seplawan. Dirinya ingin melihat dari dekat perubahan yang sudah dilakukan.

“Teman-teman saya sudah banyak dan punya foto di Seplawan ini. Jadi kesempatan liburan ini saya manfaatkan untuk datang,” tambahnya.

Penjaga tiket masuk Gua Seplawan, Kelik mengatakan jika tingkat kunjungan mayarakat ke salah satu destinasi unggulan di Purworejo ini meningkat seiring selesainya pembangunan. Dia meyakini jika kehadiran masyarakat ini karena mereka penasaran dengan view baru yang ada.

Artikel Menarik Lainnya :  Upah Relawan Covid-19 di Purworejo Tersendat Beberapa Bulan

“Kan sejak proses pembangunan sudah banyak beredar gambar di media sosial. Kebanyakan memang penasaran,” tutur Kelik.

Selama liburan Natal, jumlah kunjungan juga semakin meningkat. Peningkatan itu terjadi sejak akhir pekan lalu. Besar kemungkinan, para pengunjung itu menggunakan liburan Natal untuk berlibur.(luk)