Jalur Dieng Banyak Titik Krodit, Disperkimhub Wonosobo Gelar Ramp Check

Jalur
PERIKSA. Petugas gabungan Disperkimhub dan Satlantas Polres Wonosobo melakukan inspeksi di terminal Kalianget untuk mengecek kondisi kelaikan kendaraan angkutan penumpang,

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO – Dengan adanya beberapa titik kerawanan atau krodit di jalur wisata Dieng, Bagian Perhubungan Disperkimhub bersama Satalantas Polres Wonosobo menggelar Ramp Check atau inspeksi keselamatan di area transit parkir pemandian Kalianget, Kamis (26/12).

Kepala Disperkimhub, Bagyo Sarastono mengatakan, dengan menggelar inspeksi itu diharapkan bisa dicapai zero accident alias tidak ada kejadian laka lantas di jalur Dieng. Hal itu mengingat perkiraan meningkatnya kepadatan arus kendaraan selama sepekan terakhir dan sepekan mendatang.

“Dengan adanya Ramp Check ini, kami harapkan zero accident. Apalagi kawasan Dieng adalah KSPN Nasional dan harapannya bisa dijaga tetap aman, nyaman, dan selamat bagi para pengunjung yang mayoritas dari luar. Inspeksi ini kami fokuskan untuk kendaraan seperti bus penumpang dan pencegahan,” ungkapnya di sela kegiatan.

Baca juga
Amankan Perayaan Tahun Baru 2020, Polda jateng Terjunkan Penembak Jitu,

Sementara itu menurut Kasatlantas Polres Wonosobo AKP Putri Nur Cholifah, dari pemeriksaan petugas gabungan, semua bus yang transit di terminal Kalianget tergolong layak yakni diperiksa dengan kegiatan cek berkala. Seluruh kendaraan tipe mikro, bus pariwisata, truk dan angkutan berat diperiksa sesuai peraturan dalam berkendara untuk memastikan kendaraan yang akan melintas benar-benar laik.

“Yang paling utama rem, emisi, spion, lampu, dan wiper karena kabut dan cuaca hujan. Sementara itu untuk pembatasan berat maksimal ada sesuai kendaraan dan akan ditertibkan jika sampai penumpang berjubel atau melebihi batas aman. Untuk jumlah kendaraan tidak dibatasi, hanya jenisnya seperti bus tipe besar tidak bisa naik,” katanya.

Langkah itu juga sebagai pengamanan mengingat banyak titik krodit di jalur Dieng seperti seperti Pasar Garung, Pasar Kejajar yang telah ditangani pelebaran jalan, Gardu Pandang (15% elevas), dan pertigaan masuk Dieng atau dekat Tuk Bimalukar. Berdasarkan data 2018, titik kemacetan pertigaan Dieng mencapai kawasan wisata Tuk Bimolukar. Usai dilakukan pemeriksaan, kendaraan ditempeli sticker tanda sudah diperiksa dan laik jalan.

Artikel Menarik Lainnya :  Masuk Zona Merah, Satu Sekolah di Wonosobo Gagal Gelar PTM

“Inspeksi ini juga untuk memeriksa kesiapan baik dari pengemudi maupun kendaraan yang ingin melintas ke arah jalur Dieng. Pemeriksaan kali ini memang difokuskan untuk kendaraan bus penumpang sebagai antisipasi kepadatan wisatawan,” katanya. (win)