Gerhana Matahari Cincin, Polres Magelang Gelar Salat Khusuf

salat khusuf
SALAT GERHANA. Salat Gerhana Matahari atau Salat Khusuf diikuti oleh Personel Polres Magelang dari perwira, Brigadir dan PNS jajaran Polres Magelang.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Jajaran Polres Magelang dirikan Salat Gerhana Matahari atau Salat Khusuf yang diikuti personel dari perwira, brigadir dan PNS yang beragama Islam di Masjid Al Mutaqqim Mako Polres Magelang, kemarin. Sebagai imam dan khotib Kasat Binma Polres Magelang, AKP Faizun.

“Salat Gerhana hukumnya adalah sunah muakadah atau sunah yang sangat dianjurkan dan dilakukan berjamaah dua rakaat, waktu melakukan salat dapat dimulai saat gerhana muncul dan berakhir ketika matahari sudah kembali normal,” kata AKP Faizun.

Menurut Faizun yang berbeda daripada salat biasa adalah terdapat dua kali membaca surat Al Fatihah dan surat pendek serta dua kali rukuk dalam setiap rakaat.

Baca Juga
Kedisiplinan Jamaah Haji asal Kabupaten Magelang Peringkat Lima di Jateng

“Setelah salat, imam lalu menyampaikan khutbah kepada para jamaah yang berisi anjuran untuk berzikir, berdoa, beristighfar, sedekah, dan hal baik lainnya,” terangnya.

Faizun mengatakan, gerhana ini memang fenomena alam, namun semua atas kehendak Allah, sebagai umat lslam disunahkan oleh Nabi Muhammad untuk mengagungkan Nya dengan Salat Gerhana, guna mendapatkan ridho Allah.

“Kita mendapat amanah sebagai anggota Polri atas ridho-NYA dapat mewujudkan Kamtibmas yang kondusif, lebih-lebih menjelang pergantian tahub 2019 ke 2020, atau tahun baru sepekan lagi, Amiin,” tandasnya.

Bagi umat Islam yang berniat dan melaksana salat gerhana matahari dijanjikan pahala dan ampunan dari Allah SWT,” pungkasnya.(cha)

Artikel Menarik Lainnya :  Omah Latareombo Santuni Puluhan Anak Yatim di Pakis