Satpol PP Kota Magelang Kukuhkan Relawan Tangguh Bencana

PENGUKUHAN. Kepala Satpol PP Kota Magelang, Singgih Indri Pranggana mengukuhkan tim tangguh bencana di Kantor Kelurahan Jurangombo Selatan, Magelang Selatan, belum lama ini.
PENGUKUHAN. Kepala Satpol PP Kota Magelang, Singgih Indri Pranggana mengukuhkan tim tangguh bencana di Kantor Kelurahan Jurangombo Selatan, Magelang Selatan, belum lama ini.

MAGELANGEKSPRES.COM,MAGELANG – Satpol PP Kota Magelang mengukuhkan tim relawan tangguh bencana Kelurahan Jurangombo Selatan, belum lama ini. Hal ini bagian dari tuntutan kesiapsiagaan terhadap bencana baik alam maupun bencana sosial.

Kepala Satpol PP Kota Magelang, Singgih Indri Pranggana langsung mengukuhkan tim ini di kantor kelurahan setempat. Sebelumnya, sudah dikukuhkan terlebih dulu tim dari Kelurahan Kramat Utara. Total 60 orang relawan yang dikukuhkan, yang merupakan warga masyarakat kelurahan setempat.

Mereka yang dikukuhkan sebelumnya dilatih secara berkala sejak tahun 2018 oleh Satpol PP dengan melibatkan pihak ketiga, yakni CV Indo Tech Solution. Pihak ketiga ini merupakan konsultan kebencanaan yang mengidentifikasi potensi kebencanaan di dua kelurahan tersebut.

Menurut Singgih, kesiapsiagaan penting dilakukan baik saat bencana alam maupun sosial. Bencana bisa saja terjadi pada saat yang tidak terduga, seperti halnya yang terjadi di Kelurahan Kramat Utara, baru-baru ini.

“Awalnya terlihat biasa, tidak ada apa-apa, ternyata terjadi angin puting beliung. Kalau kita sudah siap menghadapi itu kan paling tidak dapat meminimalkan dampak negatif dari bencana itu. Karena itu tim relawan tangguh ini sangat penting perannya,” ujarnya.

Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP, Putut Handoko menambahkan, pengukuhan ini merupakan kegiatan yang masuk program kegiatan di bidangnya. Tujuannya membantu masyarakat yang sewaktu-waktu terjadi bencana.

“Di Kota Magelang belum ada BPBD seperti halnya di kota kabupaten lainnya yang konsentrasi di bidang kebencanaan. Karena itu kesiapsiagaan ini dengan cara membentuk tim relawan tangguh ini yang nantinya dapat membantu masyarakat saat terjadi bencana,” jelasnya. (wid)

Artikel Menarik Lainnya :  Ranjang Isolasi Covid-19 RSUD Tidar Penuh