Perayaan Natal di Wonosobo Berlangsung Aman

Natal
DATANGI. Jajaran forum koordinasi pimpinan daerah sambangi tempat ibadah umat kristiani jelang perayaan natal 

MAGELANGEKSPRES.COM,WONOSOBO –  Kapolres AKBP Abdul Waras mengemukakan bahwa perayaan Natal maupun masa liburan menyambut pergantian tahun di Wonosobo ditegaskan aman, damai dan kondusif. Hal ini tidak lain karena jajaran kepolisian bersinergi dengan TNI maupun semua unsur terkait di pemerintahan dan juga organisasi masyarakat tetap menjalankan peran menghadirkan rasa aman.

“ Tidak hanya bagi warga Wonosobo saja, karena perayaan Natal dan masa liburan ini banyak juga dari luar daerah yang berkunjung. Baik, untuk pulang ke kampung halaman, ataupun untuk berwisata,”  terangnya.

Kepada semua pihak di lingkup masyarakat, pihaknya  meminta agar mereka tetap berpartisipasi aktif dengan menjaga keamanan di lingkungan masing-masing. Secepatnya melaporkan kepada pihak aparat apabila menemukan situasi yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.

Baca Juga
Rutan Kelas IIB Temanggung Over Kuota

Senada, Dandim 0707 Letkol Wahyu Wiwit Hidayat juga menghimbau kepada masyarakat Wonosobo untuk tetap menjaga toleransi dan keharmonisan antar umat beragama. Masyarakat, menurut Dandim juga tetap harus mewaspadai potensi gangguan keamanan, termasuk upaya-upaya provokasi yang bisa memecah belah kerukunan di lingkungannya.

“Jangan segan untuk langsung melapor apabila memang ditemukan potensi gangguan. Karena, kita bersama Polri dan semua pihak sangat serius dalam upaya mewujudkan keamanan, kedamaian dan kenyamanan di Kabupaten Wonosobo yang kita cintai bersama ini,”pungkasnya.

Baca Juga
RPH Magelang Sudah Dilengkapi Alat Canggih ERS

Sementara itu, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Wonosobo beserta sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah berkeliling ke beberapa gereja, menjelang perayaan Natal pada Selasa (24/12) malam.

Sekretaris Daerah, One Andang Wardoyo ketika ditemui seusai monitoring di Gereja Kristen Jawa, Gereja Kristen Indonesia dan Gereja Katolik Santo Paulus menyebut kegiatan bersama Kapolres, Dandim dan para pimpinan OPD terkait di malam natal merupakan upaya untuk menjaga kondusifitas daerah.

Artikel Menarik Lainnya :  Jalan Menuju Wisata Dieng Harus Dilebarkan

“Tugas kita sebagai pemangku pemerintahan daerah, termasuk kepolisian dan TNI adalah memberikan fasilitasi rasa aman untuk semua warga masyarakat. Khususnya, bagi umat kristiani yang hendak merayakan Natal,” tutur Andang.

Di depan segenap jemaat GKJ, Andang juga menyampaikan pesan kedamaian dan harapan agar Natal pada tahun ini mampu menghadirkan kedamaian di hati dan di bumi serta harmonisasi di Wonosobo. (gus)